Arenga Indonesia – Hidup Sehat Dengan Green Smoothies | Gaya hidup sehat bukan tren sesaat melainkan kontrak seumur hidup yang wajib dilakoni agar kita fit sampai tua. Banyak yang bisa dilakukan yang salah satunya melalui pemilihan makanan. Contohnya mengkonsumsi green smoothies secara teratur,  mengambil manfaat dari vitamin, mineral bahkan protein dari sayuran mentah dan buah-buahan segar. Dan ini lah yang coba disampaikan oleh Nectar Ayu dalam buku barunya Green Smoothies Super-Healthy and Healing Drink.

Masyarakat Indonesia berkecendurangan memilih nasi sebagai makanan utama. Sebenarnya sayur pun bisa  dijadikan tambahan makanan utama, tak sekedar pendamping seperti  dipraktekan selama ini. Ayu Nectar dalam buku Green Smoothies Super-Healthy and Healing Drink ini mengatakan, ” Justru manusia lebih membutuhkan tumbuhan berdaun hijau karena kandungan oksigen di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan semua fungsi dengan baik”. Sayangnya, dengan berbagai alasan, tidak semua orang menyukai rasa sayur. Nah di sini Nectar Ayu menawarkan cara termudah mengkonsumsi sayuran lebih banyak dengan rasa tetap enak. Dengan begitu hidup sehat dengan green smoothies tidak terasa memberatkan.

Green Smoothies Super-Healthy and Healing Drink berisi resep-resep pribadi Nectar Ayu yang telah menjalankan gaya hidup sehat selama 5 tahun dan rutin mengkonsumsinya setiap pagi. Ia juga memberikan kepada anaknya yang balita dengan resep khusus yang juga terdapat dalam buku ini. Untuk membudahkan resep dikelompokan menurut pemula, green smoothies tanpa buah (advance), dan anak-anak. Semua bahan berstatus organik dan produk lokal.

Pina Colada Smoothies

Kelana Lidah Bersama Green Smoothies

Membalik lembar demi lembar buku 128 halaman ini rasanya seperti terbang ke dalam dunia kecil, hijau dan mensejahterakan. Diawali cerita green smoothies favorit  para pelaku gaya hidup sehat dari berbagai profesi. Menarik menyimak latar belakang mengapa mereka menyukai green smoothies berikut resep-resep favorite mereka. Bagi saya itu membuka pengalaman bahwa menjaga kesehatan itu gak ribet-ribet amat kok.

Bagian sayuran hijau sebagai king of vagetables memaparkan jenis-jenis kerajaan sayur. Terdiri dari sayuran daun, akar, buah, bunga, umbi, batang, dan biji. Disibakan pula berbagai manfaat sayuran hijau yang sebetulnya sudah diketahui namun suka dilupakan oleh sebagian kita. Bahwa sayur yang kaya serat, mengandung Omega 3, klorofil, alkalin, dan bahkan protein ini, bila dikonsumsi mentah dan rutin, tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, juga membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh.

Membangun Kebiasaan Minum Green Smoothies

Yang tak terbiasa mungkin akan sulit menelan green smoothies alias sayur mentah yang diblender ini. Hanya saja segala sesuatu harus diulang baru terbentuk kebiasaan. Hidup sehat dengan green smoothies juga harus diulang-ulang. Awalnya bisa dicampur buah untuk memperkaya rasa atau menghilangkan bau apek dari klorofil daun. Setelah terbiasa bisa dengan sayur segar saja. Apa lagi jika janjinya adalah meningkatkan kesehatan tubuh, awet muda, dan mencegah kedatangan berbagai penyakit berbahaya tentu lebih mudah menyingkirkan berbagai penolakan awal.


Berikut salah satu resep : Pina Colada Smoothies — Untuk 1 gelas

Bahan

  1. 1/2 buah nanas palembang (lokal), kupas, buang matanya, potong sedang
  2. 100 gram caisim organik, ambil daunnya
  3. 10 lembar daun mint
  4. 200 ml air mineral

Cara Membuat

  • Masukan ke dalam blender nanas, caisim, dan daun mint ke dalam blender.
  • Tambahkan 100 ml air, haluskan  hingga nanas setengah hancur.
  • Bila sudah hancur tambahkan lagi 100 ml air, haluskan kembali sampai tercampur rata
  • Tuang ke dalam gelas, minum segera.

Tips

  • Pilih nanas yang sudah matang agar mendapat aroma dan rasa manis.
  • Bekukan nanas di freezer sehari sebelum digunakankan, agar green smoothie terasa lebih nikmat dan segar.
  • Pilih nanas organik. Kalau tak ada pilih nanas lokal. Selain lebih manis harganya lebih murah.
  • Batang caisim yang besar dan tak dipakai dalam green smoothies dapat diolah jadi sayur..

Green Smoothies Super-Healthy and Healing Drink tak sekedar buku resep. Ditiap akhir resep buku ini juga memberikan tip-tip yang akan menambah pengetahuan kita dalam menyiapkan green smoothies untuk keluarga.

Selamat membaca
+Evi Indrawanto