Bertanam Seledri dalam Pot
Gulaarenorganik.comMemanfaatkan Khasiat Daun Seledri ~ Daun seledri dikenal juga sebagai daun sop karena rasa dominan dari masakan berkuah ini berasal dari tumbuhan bernama ilmiah Apium graveolens ini. Tapi daun seledri bukan sekedar daun sop, memanfaatkan khasiat daun seledri adalah langkah bijak dalam menjaga kesehatan. 

AntiAsam Urat

Bagi penderita asam urat memanfaatkan khasiat daun seledri memang layak dicoba. Sebab seledri sebagai anti asam urat sudah melewati beberapa penelitian ilmiah. Salah satunya dilakukan oleh Dr Dyah Iswantini Pradono MAgr dari Pusat Studi Biofarmaka, IPB. Dalam penelitian ini daun seledri dikombinasikan dengan daun sidaguri. Seperti kita tahu sidaguri juga banyak digunakan untuk meredakan gejala asam urat. Nah di sini dibuktikan bahwa zat yang terkandung dalam daun seledri berperan menghambat aktivitas enzim xantin oksidase, pemicu asam urat. Dengan menggabungkan daun seledri dengan daun sidaguri, daya hambat terhadap enzim xantine oksidase  meningkat dua kali lipat. Daya hambat ini melebihi allopurinol, obat antiasam urat sintetis.

Antihepertensi

Memanfaatkan khasiat daun seledri sebagai obat hipertensi juga sudah banyak dilakukan. Sudah lama terbukti bahwa daun seledri berhasil menurunkan tekanan darah tinggi berkat aktivitasnya sebagai calsium antagonis. Senyawa aktifnya bekerja pada reseptor pembuluh darah yang berefek pada efek relaksasi — penderita hipertensi saat tekanan darah meningkat, pembuluh darah mengencang/menegang. Pada tekanan darah normal pembuluh darah hanya berdenyut saja. Karena berhasil memberi efek relaksasi, mengkonsumsi seledri bisa mengurangi ketegangan pembuluh darah.

Berikut Beberapa resep dalam Memanfaatkan Khasiat Daun Seledri :

Hipertensi

Cuci bersih 20 batang selederi. Rebus dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus hingga tersisi 1.5 gelas. Angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari bersama ampasnya yang sudah dipotong halus.

Penyubur Rambut

Cuci bersih 10-15 batang seledri lalu dihaluskan. Oleskan tumbukan seledri ke kulit kepala dan rambut tiap kali selesai keramas. Pijat perlahan. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan selama lebih kurang 30 menit. Bilas kembali hingga bersih.

Rematik

Cuci bersih 1-2 genggam batang dan daun seledri. Potong halus dan rebus dalam 2 gelas air mendidih sampai sampai tinggal separuhnya. Angkat, dinginkan, dan saring. Minum sampai habis. Untuk meredakan rematik, seledri segar juga baik digunakan sebagai lalap.

Wajah Berminyak

Berikutnya memanfaatkan khasiat daun seledri bagi wajah berminyak. Bagaimanapun terlalu banyak minyak kurang bagus bagi penampilan selain juga beresiko menimbulkan jerawat. Manfaatkan seledri dalam mengurangi minyak pada kulit muka.
Cuci bersih 3 batang seledri, rajang (potong halus), lalu seduh dengan air mendidih, tutup wadahnya. Setelah dingin saring kemudian pindahkan ke lemari es. Menjelang tidur oleskan air seledri segar ini ke wajah yang telah dibersihkan. Tunggu sampai kering, bilas sekali lagi wajah dengan air bersih.
 Daun seledri mudah ditemukan karena mudah di tanam di mana saja. Asal cukup terkena cahaya dan cukup air, bahkan dalam poly bag tanaman seledri juga bisa tumbuh. Mari bertanam dan memanfaatkan khasiat daun seledri.

+ARENGA Indonesia