Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan
Pohon Kelapa Menyukai Air Berkadar Garam tinggi

Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan – Pernah heran mengapa pohon kelapa atau Cocos Nucifera banyak tumbuh di pinggir pantai? Karena tanaman ini menyukai air berkadar garam tinggi. Pohon dari keluarga Arecaceae,  spesies dalam genus Cocos dan dapat mencapai ketinggian 30 meter ini, airnya sudah terkenal sebagai minuman isotonik alami. Itulah mengapa tiap bulan puasa air kelapa muda begitu tinggi permintaannya di Indonesia. Apa lagi saat panas terik disertai aktivitas fisik yang membuat keringat terkuras tubuh memerlukan cairan pengganti yang penuh zat penyegar alami seperti yang terdapat dalam sebutir kelapa muda. Begitu pun kehilangan cairan tubuh atau berkurangnya pasokan saat menjalankan ibadah puasa bisa cepat dipulihkan oleh  air kelapa muda.

Buah Kelapa Muda
Buah Kelapa Muda

Beberapa Manfaat Pohon Kelapa Dalam Masyarakat

Masyarakat Indonesia memanfaatkan pohon kelapa beserta seluruh turunannya dalam tiap sendi kehidupan. Misalnya dalam masyarakat berlatar Agama Hindu, kelapa adalah pohon suci yang digunakan dalam upacara keagamaan. Bahkan menurut mitologi Hindu dan terkisah pula dalam kitab suci Weda,  kelapa adalah tanaman Surgawi. Dewa Wisnu membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang umur, dan kedamaian.

Batangnya dapat dipakai sebagai papan untuk rumah. Daunnya dipakai sebagai atap setelah dikeringkan. Pesta perkawinan masyarakat Jawa dan Bali kurang lengkap tanpa kehadiran daun muda kelapa (janur). Dianyam untuk membuat sarang ketupat atau berbagai bentuk hiasan tubuh.  Tangkai anak daun kering atau lidi di ikat jadi sapu lidi. Cairan manis yang keluar dari tangkai bunga disebut Nira atau legen bahasa Jawa dapat diminum sebagai penyegar, difermentasi jadi tuak, atau jadi gula. Tempurung kelapa dipakai sebagai bahan bakar atau untuk membuat gayung, wadah minuman dan berbagai bahan baku kerajinan tangan. Kulit buah cocos nucifera atau yang disebut  sabut diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, dibuat keset serta media tanaman bagi anggrek.

Butir Kelapa Muda
Butir Kelapa Muda

Es Kelapa dan Kelapa Kopyor

Sejauh ini bagian yang paling bermanfaat pada manusia ialah daging buah tua  yang warna putih dan mengeras. Sarinya diperas disebut santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan menjadi kopra, satu komoditi perdagangan yang sangat berharga. Kopra merupakan  bahan baku minyak kelapa, herbal dan bahkan obat-obatan. Cairan kelapa tua merupakan limbah industri kopra pun bisa dimanfaatkan menjadi Jelly yang disebut Nata de coco.

Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Air kelapa muda mengandung banyak enzim dan berkhasiat sebagai penetral racun, memberikan ffek menyegarkan dan menenangkan. Beberapa buah kelapa bermutasi sehingga dagingnya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Buah kelapa bermutasi ini lah yang disebut Kelapa Kopyor.

Es Kelapa Muda
Es Kelapa Muda

Manfaat Kandungan Air Kelapa Muda

Air buah nyiur punya khasiat dan nilai gizi yang tinggi. Terdiri atas unsur makro berupa nitrogen dan karbon serta mikro yang diperlukan tubuh. Unsur nitrogen berupa protein yang tersusun dari asam amino seperti alanin, sistin, arginin, Alinin, dan serin.

Air kelapa kaya  kalium. Selain mineral air kelapa juga mengandung gula ( bervariasi antara 1,7 sampai 2,6%) dan protein ( 0,07 sampai 0,55%). Oleh Karena komposisi gizinya maka air kelapa berpotensi dijadikan sebagai bahan baku produk pangan atau pengganti pangan dalam keadaan darurat.

Ternyata air kelapa ini juga mengandung beragam vitamin. Paling dominan Vitamin C, disusul  asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin serta riboflavin. Bahan-bahan ini mendasari penggunaan air kelapa dalam pengobatan tradisional dan kecantikan. Bahkan berdasarkan kepercayaan masyarakat Suku Kubu, perempuan hamil dianjurkan sering minum air kelapa muda agar persalinannya lancar dan kulit bayi halus dan bersih. Di Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, Jelly, alkohol, dextran, cuka dan nata de coco.

Komposisi enak: Daging Kelapa Muda dan Cincau
Komposisi enak: Daging Kelapa Muda dan Cincau

Pemakaian Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Secara Tradisional

Air kelapa berhasiat sebagai diuretik, dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Juga berkhasiat sebagai obat misalnya mengatasi efek samping obat sulfa dan antibiotika, sebagai tonikum yang murah tetapi berhasiat merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah yaitu dengan merendam Segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian kemudian beras digiling menjadi bubuk halus.

Minum air kelapa muda
Sering-sering minum air kelapa muda agar awet muda 🙂

Penelitian Tentang Manfaat Air Kelapa Muda

Penelitian ilmiah tentang air kelapa muda untuk kesehatan ini sudah banyak dilakukan. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi kita karena di Indonesia buah muda berwarna hijau ini berlimpah. Tinggal kitanya mau memanfaatkan atau tidak. Berikut bebeberapa manfaat air kelapa untuk penyakit:

1. Atopic Dermatitis atau eksim merupakan kulit kering disertai kolonisasi Staphylococus aureus sehingga sukar sembuh walau diobati dengan antibiotik. Penyakit bisa berkurang  setelah secara teratur dibilas dengan air kelapa.

2. Doctor Bruce Fife dalam bukunya Coconut Water: A New Health Drink menyebutkan air kelapa bermanfaat dalam mengatasi dehidrasi, penunjang pelatihan fisik, mengurangi pembengkakan, melancarkan fungsi ginjal dan mengeluarkan batu. Air kelapa muda juga melindungi tubuh terhadap kanker, memperbaiki keseimbangan kadar gula pada diabetes, sumber elemen mikro, memperlancar pencernaan, mengurangi resiko PJK, menurunkan tekanan darah, kolesterol darah, mengurangi kerut kulit, mempercepat penyembuhan luka, mempertajam penglihatan, mencegah glukoma. Air kelapa bila diminum secara teratur juga mengandung banyak antioksidan serta memacu fungsi imunitas.