Gula Aren Cetak

Apakah gula merah sama dengan gula aren?
 
 Saya sudah mencari literaturnya tapi belum bertemu. Saya heran mengapa dulu nenek moyang kita memberi nama gula merah untuk semua jenis gula berwarna coklat. Baik dari tanaman palma seperti aren, kelapa, siwalan maupun tebu.

Seperti contoh foto diatas, kalau melihat dari warna, mestinya gula aren itu lebih cocok disebut  gula coklat ketimbang gula merah, bukan?  Apakah saat penamaannya nenek moyang  belum punya kosa kata  warna coklat? Atau  mereka memandang spektrum warna secara luas saja, tidak spesifik. Dalam warna coklat memang ada unsur kemerahan, tapi tak dominan.

Pernah juga minta tolong  pada mahasiswa IPB untuk mencarikan literaturnya  di perpustakaan. Hasilnya masih nihil. Untuk sementara terima sajalah namanya sebagai gula merah. Hanya kalau sahabat biasa mampir di blog gula aren ini,  silahkan sebut gula aren untuk gula yang terbuat dari nira aren.

Sebut juga gula kelapa kalau terbuat dari kelapa. Sementara penyebutan gula merah kita berikan pada gula coklat yang terbuat dari nira tebu :). Karena memang ada perbedaan besar antara gula merah dengan gula yang terbuat dari pohon palma seperti gula aren.

gula aren
Gula aren bubuk

Salam,
— Evi Indrawanto
Arenga Palm Sugar
Organic Sugar for All Purpose Sweeteners