gula aren arenga
Gula Aren Batok


Bentuk Gula aren tradisional: Kebanyakan dicetak. Rupanya bisa seperti setengah lingkaran yang disebut gula batok. Ada pula tabung bulat seperti batu baterai. Apapun bentuknya hampir semua gula aren asli beraroma enak. Mengandung nutrisi dengan warna coklat kekuningan sampai gelap. Terbuat dari nira enau (Arenga Pinnata) yang diupakan di atas tungku.Setelah kekentalan tertentu nira yang sekarang berubah jadi sirup diangkat dari tungku kemudian di cetak. Bentuk gula aren cetak ini lah yang dikenal  luas masyarakat.

Bentuk Gula Aren Moderen

Sekarang  gula aren tidak melulu berbentuk cetak atau batok. Arenga memproduksi dua jenis gula aren :

1. Gula semut semut aren – Arenga palm sugar

a. Berbentuk butiran halus seperti gula pasir. Disebut gula semut atau palm sugar. Di kemas dalam alumunium dengan label cantik seberat 225 gram/bag kemudian di kemas lagi dalam 1 carton box yang berisi 30 bags.

gula aren
Gula aren bubuk dalam kemasan

b. Arenga palm sugar juga tersedia dalam kemasan sachet. Bentuknya yang ringkas memudahkan penggunaan sebagai gula meja (table sugar)

gula aren sachet
Gula aren sachet

 2. Arenga liquid palm sugar atau sirup gula aren.

Arenga Liquid Palm sugar gula aren dalam bentuk cair. Sangat praktis digunakan. Dalam kemasan botol kaca 650 ml dan 300 ml. Arenga Liquid sugar tak hanya berfungsi sebagai agen pemanis makanan dan minuman.
gula aren sirup

 Gula aren Arenga terbebas dari zat  pengawet kimia sintetis, pemutih maupun zat aditif lain.  Arenga Palm Sugar adalah pemanis organik yang dilengkapi sertifikat organik.

Gula Semut Aren

 Pemakaian Gula Aren

Disebut juga gula kawung dan pemakaiannya tak terbatas untuk kue saja.  Perpaduan gula aren, cabe dan terasi  luar biasa pada rujak.

Begitupun kala gula merah aren bercampur creamer. Sungguh tendangan karamel yang khas membuat  bandrek semakin nikmat.

Coba pula gunakan pada bolu kukus, brownies, pudding, cakes cokelat atau cookies. Aroma gula aren membuat hidangan semakin kaya.

Belum lagi cendol, kinca durian, bubur kacang ijo dan aneka kolak, gula aren bersama santan membuat gurih penganan tersebut tambah keluar.

Ada jejak gula aren dalam kari ini

Salam,
— Evi Indrawanto
Arenga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners