Arenga Indonesia Stories

Kue Jojorong khas Banten

Kue Jojorong dari Banten
Kue Jojorong Khas Banten

Kita tahu bahwa alam Indonesia ini amat kaya. Punya 34  Propinsi sebagai tempat tinggal  ribuan etnis, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tentu kebesaran ini dilengkapi juga oleh khasanah jutaan jenis kuliner. Perlu perjalanan seumur hidup untuk mengenal mereka masing-masing. Belum lagi makanan yang sudah punah. Takan pernah habis ceritanya walau terus di gali.

Berkairan dengan gula aren atau gula merah, tak sulit menemukan jejak mereka dalam jutaan jenis hidangan seantero Nusantara. Tiap dapur dari suku bangsa itu punya sesuatu untuk dimaniskan. Entah hidangan kategori lauk, sayur, mau pun penganan  kecil. Kue Jojorong khas Banten ini salah satu contoh.

Baca di sini tentang : Fungsi Rempah Dalam Makanan

Jejak Gula Merah Dalam Kuliner Nusantara

Jejak gula merah dalam makanan nusantara

Tak heran menemukan gula merah dalam hidangan manapun. Banyak alasan yang mendasarinya. Misalnya sebelum gula pasir (gula tebu) di diperkenalakan Belanda di Nusantara, nenek moyang kita menggunakan gula merah sebagai pemanis.

Banyak sekali resep masakan atau kue tradisional yang melibatkan gula aren ( arenga palm sugar) atau gula merah.Salah satunya dalam Hikayat Banjar, dalam buku Jejak Rasa Nusantara disebutkan tentang kue yang dijadikan Lambu Mangkurat sebagai bekal perjalanan. Menurut Fadly Rahman, sang penulis, kue itu terbuat dari ketan yang diberi gula merah.

Kenyataan ini tak mengherankan. Pemanis  yang terbuat dari nira pohon palem-paleman seperti aren, kelapa dan siwalan yang kebetulan tumbuh subur di Indonesia. Di darat dan tepi laut, di gunung dan lembah.

Kue Jojorong yang Manis Khas Banten

Kemarin saya menemukan kue yang melibatkan gula merah lagi. Kali ini khas Banten. Disebut Jojorong dan disajikan di rumah teman saat main kesana.

Terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama santan. Setelah matang di taruh dalam wadah daun pisang dan dibawahnya diberi gula aren cair (arenga liquid palm sugar). Setelah itu di kukus.

Suka sekali pada rasa Jojorang ini. Lembut dan gurih. Saat disendok lelehan gula aren cairnya ikut menyeruakan aroma santan dan daun pisang dari si pembungkus.

Salam,
— Evi Indrawanto

Kontak by WA 0819 3241 8190
Arenga Palm SugarOrganic Sugar for All Purpose Sweeteners

Follow us at https://instagram.com/arengaindonesia

Exit mobile version