bisnis gula aren organik
Gula Aren Organik

  

Bisnis Gula Aren Organik –  Tulisan ini berasal dari Harian KONTAN, 11 Maret 2009. Diedit di sana-sini agar sesuai dengan kekinian.

@eviindarawanto

Manisnya Laba dari Bisnis Gula Sehat
JAKARTA. Gula semut alias gula aren bubuk memang belum sepopuler gula pasir. Tapi, potensi bisnis gula aren ini tak kalah dengan gula pasir. Meski harganya agak mahal, toh tetap banyak masyarakat melirik gula dari pohon aren ini.

Apalagi mengkonsumsi gula aren merupakan bagian gaya hidup sehat. Sebab dalam bentuk gula se­mut dipercaya tidak mengandung bahan kimia. Di hotel-hotel berbintang, gula semut atau populer juga sebagai palm sugar disodorkan sebagai salah satu alternatif pemanis minuman kopi atau teh.

Peluang industri gula semut semakin besar setelah beberapa industri makanan dan mi­numan, khususnya industri roti, mulai meminati jenis pe­manis ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan industri lokal, beberapa perusahaan dari luar negeri juga butuh pasokan dalam jumlah besar.

Sayangnya, pasokan gula semut ini tidak stabil. Gula jenis ini juga sempat diguncang isu formalin. Makanya, yang diserap industri umumnya adalah gula aren organik yang telah bersertifikat pangan organik. Misalnya, gula semut merek Arenga, olahan CV Diva Maju Bersama.



Awalnya, Evi adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Perkenalannya dengan bisnis gula semut organik  berasal dari sang suami. “Waktu itu, suami saya memberikan informasi peluang bisnis sebagai pemasok gula semut,” ujarnya. Evi yang memang berminat berbisnis lantas menyambar kesempatan yang ditawarkan suaminya itu. Dia mulai merintis usahanya dengan mencari pasokan gula aren. De­ngan gigih, ia mendekati peta-ni gula aren di Garut, Cianjur, dan Banten.




Selain pasar lokal, pasar ekspor juga membutuhkan gula semut.


Dalam waktu singkat, Evi berhasil mengumpulkan 400 petari gula aren setengah jadi yang mau memasok kepadanya. Selanjutnya, Evi mulai mendirikan pabrik pengolahan gula aren dengan modal Rp 200 juta di Serpong, Tangerang.



………

( ) Aprilia Ika