Arenga Indonesia Stories

Bunga Tapak Dara Cantik dan Berkhasiat

Bunga Tapak Dara Cantik dan Berkhasiat. Dengan kelopak bunga merah jambu atau putih nan lembut tak heran bila kembang sari cina dalam bahasa Jawa ini banyak dijumpai sebagai tanaman hias. Padahal akar, daun dan bunga yang berkhasiat herbal ampuh sebagai antikanker.
Terdapat dua senyawa aktif dalam bunga tapak dara cantik ini yang telah diisolasi untuk mengobati antikanker. Mereka adalah vinkristin dan vinblastin. Senyawa aktifnya juga digunakan dalam mengatasi diabetes, asma, tekanan darah tinggi, demam, disentri, anemia, dan gondong. Juga menyembuhkan gangguan kulit seperti bisul, luka dan bengkak.

Resep Daun Tapak Dara untuk Kanker

Ambil daun tapak dara Catharantus roseus sebanyak 25-27 gram, masukan ke dalam 1 liter air, rebus sampai mendidih. Angkat, saring, dinginkan. Dihabiskan dalam satu hari.

Resep Daun Tapak Dara untuk Diabetes Melitus.

Ambil daun tapak dara atau kembang tembaga beureum (Sunda) sebanyak 15-17 gram, rebus dalam 3 gelas air hingga tinggal satu gelas. Minum dua kali sehari.

Bukti ilmiah mengapa tapak dara digunakan sebagai obat antikanker.

Tapak dara memiliki kandungan golongan senyawa alkaloid yang disebut vinca alkaloid. Dua diantaranya sudah disebutkan di atas yaitu vinkristin dan vinblastin yang bekerja sebagai antikanker. Mereka akan mengganggu proses pembentukan mikrotubulus sehinggga sel kanker tidak mampu melakukan proses mitosis. Karena mereka akan berikatan dengan tabulin dalam kumparan mitotik dan memicu terbentuknya jaringan depolimerisasi mikroubulaa yang membuat proses pembelahan sel jadi terhalang.

Vinblastin digunakan sebagai kemoterapi leukemia, kankercabang tenggorokan, tumor pada ginjal, kanker payudara, dan kanker ganas lain seperti pada otot dan urat syaraf. 

Bunga Tapak Dara
Credit :Artikel tentang tapak dara cantik dan berkhasiat ini bersumber pada Trubus.
 
Exit mobile version