Resep-teh-bunga-bungaan
Resep-teh-bunga-bungaan

Resep teh bunga-bungaan ini tak hanya membuat bunga tampak cantik namun juga berkhasiat. Dan minum teh tak selalu berarti menyeduh daun yang berasal dari pohon teh (Camellia sinensis) sebab untuk membuat teh herbal kita bisa menggunakan bunga-bunga yang cantik.

Resep teh bunga-bungaan ini saya temukan dalam buku 50 Rahasia Alami Detoks karya Tracey Kelly. Karena sangat menarik dalam menjaga kesehatan saya tuliskan di sini. Buku yang membahas tentang detoksifikasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang salah satunya adalah tisane, yaitu teh dengan merendam tangkai-tangkai bunga segar ke dalam air panas.

Baca juga: Resep Ramuan Alami Pelangsing Tubuh

Bunga-bunga yang bisa digunakan dalam tisane antara lain chamomile, dandelion, lavender, mawar, bunga jeruk, melati, dan bergamot.

ย Berikut beberapa resep membuat teh dari bunga-bungaan :

Resep Teh Bunga Lemon Verbena

Resep teh bunga lemon verbana
Resep teh bunga lemon verbana

Ambil sekuntum bunga lemon verbena segar ditambah beberapa lembar daunnya. Masukan ke dalam cangkir dan tuang air mendidih. Seduh selama 4 menit hingga warna berubah jadi pucat keemasan. Buang ampasnya lalu tambahkan madu bila suka.

Kalau pun tak menggunakan madu, palm sugar boleh juga.

Teh Bunga Jeruk

Resep teh bunga jeruk
Resep teh bunga jeruk

Teh bunga jeruk yang berwarna kuning pucat sudah lama digunaka sebagai obat tidur alami alias membantu peminumnya agar tidur lebih nyenyak.

Baca juga : Teh Bunga Mawar

Untuk satu cangkir teh bunga jeruk, gunakan 5-6 tangkai bunga jeruk mekar. Tuang air panas (bukan mendidih) dan seduh selama 3-4 menit. Tambahkan seiris jeruk lemon untuk rasa lebih aduhai.

Kembang Sepatu dan Rosemary

Manfaat teh kembang sepatu dan bunga rosemary
Manfaat teh kembang sepatu dan bunga rosemary

Kembang sepatu dengan warna-warni cantik itu bisa dijadikan minuman teh yang spektakular. Kemudiakn ditambah bunga rosemary yang kaya rasa, jadi lah minuman herbal kaya khasiat.

Masukan masing-masing satu tangkai kembang sepatu dan rosemary ke dalam 1 cangkir. Seduh dengan air mendidih selama 4 menit. Kemudian buang rosemary dan biarkan kembang sepatu tetap dalam cangkir. Minum panas atau dingin sama enaknya. Tambahkan madu atau palm sugar sedikit untuk memperkaya rasa.

Memang sih bunga-bunga dalam resep teh ini bukan tanaman yang lazim di Indonesia. Namun bunga jeruk dan kembang sepatu relatif mudah kita temukan di tanah air. Semoga resep teh bunga-bungaan ini ada gunanya untuk teman-teman sekalian untuk menjaga kesehatan.

@eviindrawanto WA 0819 3241 8190

https://instagram.com/arengaindonesiaย