Mengenal Bagian-bagian Penting dari Otak | Otak dan Syaraf Tulang Belakang
Peribahasa mengatakan tak kenal maka tak sayang. Selama ini kita cenderung mengabaikan kesehatan tubuh karena kita tidak begitu kenal tiap fungsi dari anggotanya. Dalam tulisan berseri ke depan kami akan menulis fungsi-fungsi anggota tubuh. Mudah-mudahan dengan mengenal mereka lebih dekat kesadaran kita kian bertambah, menyangi tubuh dengan memperhatikan lingkungan, aktivitas, dan asupan makanan.Kami awali tema Mengenal Anggota Tubuh dengan otak terlebih dahulu. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang kebetulan mampir di blog gula aren organik ini…
mengenal bagian-bagian penting dari otak
Susunan Syaraf Tulang Belakang

Otak dan syaraf tulang belakang menerima informasi dari seluruh sistem syaraf dari seluruh tubuh. Informasi tersebut digunakan untuk membuat keputusan-keputusan tertentu yang akan disampaikan ke otot, jaringan, dan organ tertentu.

Gambar Bagian Dalam Otak Kita 

 

Otak mempunyai tiga bagian utama : Sererum, serebellum dan batang otak. Serebrum mempunyai empat (4) lobus — frontalis, parietalis, temporalis, dan oksipitalis.Serebellum penting untuk keseimbangan, sementara Batang Otak bertanggung jawab mengontrol fungsi-fungsi pernafasan, tidur, tekanan darah dan jantung, fungsi lambung dan usus, gerakan mata dan keseimbangan.
memahami otak kita

Korteks Sereblis
– Penting untuk mengorganisi daya ingat, kreativitas, dan sebagai penutup serebrum. Serebrum mempunyai dua hemisfir. Bagian kanan otak mengatur pemahaman ruang, keahlian bermusik, dan ide-ide non-verbal. Sisi kiri otak penting bagi analisis. Setiap hemisfir mengontrol bagian tubuh yang berlawanan dengan hemisfir tersebut. Dengan kata lain otak kanan mengatur fungsi bagian tubuh sebelah kiri, otak kiri mengatur fungsi tubuh sebelah kanan.
Korpus Kollosum – Bertindak sebagai jembatan penghubung hemisfir kanan dan kiri.
Talamus – Berfungsi sebagai pusat distribusi dan mengangkut informasi yang masuk ke seluruh bagian sistem syaraf. Penting untuk rasa, bau, rasa sakit dan ingatan.
Hypotalamus – Berfungsi mengatur suhu badan, tidur, lapar, haus, sakit, mundah, dan kelenjar hipofisis.
Hipofisis – Sering disebut kelenjar utama, penting untuk pertumbuhan, pematangan, dan reproduksi.
Batang Otak – Mengatur fungsi-fungsi dasar seperti bernafas, menghubungkan serebrum dengan syaraf tulang belakang dan merupakan bagian tertua dari perkembangan otak manusia. Terdiri dari otak tengah, pons, dan medulla oblongata.
mengenal bagian-bagian penting dari otak
Syaraf Kranial Otak
Bersambung ………….

Sumber : Bagaimana Tubuh Anda Bekerja
Elexmedia Komputindo 1995
Susan L. Engel-Arieli, M.D