Arenga Indonesia Stories

Kaidah-Kaidah Makanan Sehat dan Tepat

Artikel tentang Kaidah-kaidah Makanan Sehat dan Tepat ini dikutip  buku karangan Doctor Bernard Jensen Ph.D. Judul bukunya Khasiat Jus  Cara Alami Hidup Lebih Sehat dan Panjang Umur. Beliau adalah seorang praktisi dan konselor terapi penyembuhan alami. Juga seorang dosen yang telah mengajar di 25 negara. 
Pilihan Makanan
Berikut adalah kaidah-kaidah makanan sehat dan tepat menurut Doctor  Jensen.
1. Jangan Menggoreng Makanan atau Masak dengan Minyak Panas. 
Menggoreng bisa menurunkan nilai gizi dan  merusak lesitin yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan lemak. Selain itu menggoreng juga membuat makanan lebih sulit dicerna. Suhu minyak yang panas bisa mengubah komposisi kimiawi makanan dan ini jelas praktek persiapan makanan yang tidak sehat. Menggoreng makanan bisa jadi salah satu faktor penyumbang terbesar terhadap pembentukan kolesterol, pengerasan pembuluh arteri, dan sakit jantung.
2. Jangan Makan Bila Tidak Lapar. 
Kita terlalu sering makan hanya karena waktu makan telah tiba bukan karena kita lapar. Hapuskan kebiasaan makan yang tidak baik ini. Agar perut bisa mencerna makanan sebaik mungkin makanlah ketika anda lapar.
3. Jangan makan melebihi kebutuhan. 
Terlalu banyak makan tidak baik bagi kesehatan.
4. Pastikan mengunyah makanan secara sempurna.
 Mengunyah makanan dengan sempurna dapat meningkatkan efisiensi sistem pencernaan. Dengan mengunyah makanan kita memperoleh nilai makanan yang lebih baik atas uang yang dibelanjakan untuk membeli makanan tersebut.
Pisang kaya Vitamin C
5. Jangan makan jika Anda merasa menderita, mengalami gangguan Emosi, tidak lapar, kedinginan, terlalu panas atau sakit. 
Semua kondisi di atas merupakan pertanda bahwa kita memerlukan istirahat, kehangatan ketenangan atau bahkan obat. Pokoknya sesuatu selain makanan. Makanan  mengikat banyak energi dan darah dalam saluran usus besar. Padahal terkadang yang kita butuhkan hanyalah kasih sayang atau istirahat. Sementara makanan membutuhkan energi untuk mencerna dan  melibatkan beberapa organ untuk bekerja dan mungkin dibutuhkan waktu berjam-jam sebelum energi tersebut dapat terpakai. Padahal tubuh tidak membutuhkan energi tersebut.

Hukum-hukum makanan yang sehat dan tepat.

Makanan berfungsi sebagai pembangun kesehatan tubuh kita. Dengan demikian kita perlu mengkonsumsi makanan yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidup aktif yang vital. Hukum-hukum makanan sehat berikut dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sementara ada berbagai hukum diet yang bisa menimbulkan  konsekuensi serius jika tidak dilaksanakan. Jika kita ingin menikmati hidup yang sehat kita harus mengerti bahwa tidak ada jalan pintas atau pengganti yang murah. Kita harus meisiplinkan diri untuk mengikuti pola makan seperti yang ditulis Doktor Jensen.
Makan lah hanya saat lapar
1. Makanan harus alami, utuh, murni dan segar.
Semakin dekat makanan dengan keadaan alaminya semakin tinggi nilai gizinya. Beberapa makanan seperti daging, kentang, ubi jalar, dan padi-padian harus dimasak terlebih dahulu. Makanan yang utuh lebih bergizi daripada makanan yang dihaluskan,  diputihkan atau dikuliti.
 Doctor Jansen tidak bermaksud bahwa kita memakan kulit pisang atau biji alpukat. Yang beliau maksud adalah makanan alami  jauh lebih baik dibanding  makanan-makanan yang diberi pengawet, pewarna buatan, perasa buatan atau bahkan tambahan kimia apapun dalam mentreatment makanan tersebut. Seperti kita tahu bahwa sekarang banyak sekali  zat kimia ditambahkan pada berbagai produk makanan komersial. Untuk beberapa kasus sebenarnya zat-zat tersebut tidak pernah dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam tubuh manusia.
Sementara itu tubuh kita dirancang untuk menerima makanan yang masih alami, murni dan segar. Jika kita patuh pada kaidah-kaidah makanan sehat akan membuat kita selalu dalam kondisi terbaik. Apa lagi kita telah banyak membaca eksperimen terhadap hewan yang diberikan makanan-makanan tidak alami, dikuliti dan diputihkan. Binatang-binatang itu akhirnya sakit dan mati. Karena zat-zat biokimiawi yang dibutuhkan untuk kesehatan tidak terdapat dalam makanan tersebut atau bahkan menjauhi sifat alaminya.
Buah termasuk makanan yang tak perlu dimasak
2. 60% makanan yang dikonsumsi haruslah mentah.
Doktor Jansen tidak sedang memberikan nasehat kepada kita agar mengkonsumsi makanan mentah karena beliau suka rasanya. Beliau hanya mengatakan bahwa makanan semacam itu lebih baik bagi kita. Makanan mentah memberikan lebih banyak vitamin mineral, enzim, serat berlimpah karena makanan semacam ini merupakan makanan hidup dalam kondisi puncak nilai gizinya jika dipilih dengan benar. Makanan mentah seperti buah berryn sayurann kecambah kelapa, dan biji-bijian membantu sistem pencernaan dan perut besar. Untk  padi-padian, buncis dan beberapa makanan lain harus dimasak terlebih dulu. Sementara itu ada banyak sumber makanan yang bisa dikonsumsi mentah.
3. Mengkonsumsi 6 porsi sayuran, dua porsi buah, satu porsi kanji, dan satu porsi protein setiap hari.
Sayuran kaya serat dan mineral. Buah sarat dengan gula kompleks yang alami dan vitamin. Kanji bermanfaat untuk energi,  protein untuk memperbaiki dan membangun kembali sel rusak,  khususnya sel-sel otak dan saraf. Inilah kombinasi makanan yang seimbang.
4. Makanan harus mengandung alkaline 80% dan asam 20%.
Kita mengetahui bahwa 80% zat gizi yang mengalir  dalam darah adalah alkaline dan 20% nya asam. Untuk menjaga agar prosentase zat gizi dalam darah tetap seimbang, 6 porsi sayuran dan dua porsi buah sudah mencukupi 80% alkaline yang kita membutuhkan. Sedangkan satu porsi protein dan satu porsi kanji setara dengan 20% asam. Protein dan kanji membentuk asam dan hampir semua sampah metabolik tubuh adalah asam. Kita membutuhkan makanan pembentuk alkalin seperti buah dan sayuran. Garam alkali ini lah yang  akan menetralkan sampah asam  tadi. Jadi kita harus tahu bahwa untuk menjaga keseimbangan antara alkaline dan asam dalam tubuh, kita harus mengkonsumsi 6 porsi sayuran, 20 buah, satu porsi protein, dan satu porsi kanji setiap hari. Tidak ada alasan mengapa kita harus menambah kondisi-kondisi asam dalam tubuh dengan mengkonsumsi terlalu banyak makanan pembentuk asam seperti protein dan kanji. Dari pengalaman Doctor Jansen bahwa  sampah asam yang tidak terbuang dengan sempurna jadi  penyebab banyak gangguan kesehatan dan penyakit kronis.
5. Perhatikan komposisi protein, kanji, sayuran, dan buah-buahan dalam makanan setiap hari.
Agar tetap sehat setiap organ tubuh membutuhkan satu unsur kimiawi lebih banyak dari  organ-organ lainnya. Kelenjar tiroid atau gondok membutuhkan yodium. Perut membutuhkan sodium. Darah membutuhkan besi dan sebagainya. Kita juga perlu variasi vitamin. Dan cara terbaik memperhatikan masalah ini adalah dengan mengkonsumsi banyak jenis makanan.
Setiap makanan berbeda kandungan nutrisinya. Bahkan bahan makanan yang sama pun bila ditanam di tempat  berbeda, tanah yang berbeda, akan  memiliki kandungan zat gizi yang berbeda pula. Saat kita mengkonsumsi berbagai jenis  makanan harus disadari bahwa tubuh kita organik. Dan jika mengikuti kepercayaan agama terbuat dari debu dan tanah. Jadi untuk mendapatkan makanan berkalsium kita membutuhkan berbagai biji padi-padian yang tumbuh dari tanah, berbagai sayuran, kacang-kacangan dan anek bijian mentah lainnya. Misalnya biji buah badam atau wijen. Beberapa biji-bijian mengandung lebih banyak kalsium daripada lainnya. Untuk mendapatkan makanan besi kita bisa mengkonsumsi hati, kismis dan sayuran berdaun hijau. Untuk yodium kita bisa mengkonsumsi makanan laut.
Jadi di sini konsep atau petunjuk dasarnya adalah variasi makanan yang dikonsumsi. Itu untuk memastikan bahwa semua jaringan tubuh mendapat zat gizi yang dibutuhkan.
6. Jangan makan berlebihan
Berat badan orang paling sehat  —  yang pernah ditemui Doktor Jensen dalam perjalanan keliling dunia di usianya yang telah lanjut — adalah tetap dikisaran saat mereka masih berusia sekitar 20 tahunan. Mereka ini sebagian ada yang berusia lebih dari 120 tahun. Pada tahun 1998 menurut National Institute of Health, 55% penduduk Amerika Serikat kelebihan berat badan. Ini jadi penyebab banyak persoalan kesehatan.
7. Pisahkan zat tepung dan protein.
Jangan mengkonsumsi protein dan zat tepung bersamaan. Bukan karena keduanya tidak dapat dicerna tetapi jika tidak memakannya  kita punya kesempatan makan lebih banyak buah dan sayur. Orang cenderung menyantap protein dan zat tepung tapi mengabaikan sayuran. Apa lagi jika sayuran dikonsumsi pada saat lapar akan terasa nikmat. Jika buah-buahan kering belum disegarkan mendekati keadaan alaminya sebaiknya tidak dimakan. Apalagi jika kita tidak minum banyak air setelahnya. Buah kering harus disegarkan kembali dengan merendamnya dalam air dingin dan merebusnya. Biarkan air mendidih kira-kira 3 menit kemudian matikan api dan biarkan semalam.
An applel a day keeps the doctor away
Tips Memisahkan Jenis Makanan
 Yang terbaik adalah tidak mengkonsumsi buah anggur dan kurma secara bersamaan. Melon sebaiknya dimakan paling sedikit setengah jam setelah atau sebelum mengkonsumsi makanan lainnya. Saat terbaik mengkonsumsi buah ketika makan pagi dan jam 03.00 siang. Jangan mengkonsumsi es krim bersama acara santap besar karena cairan sensasi dingin akan mengganggu kelancaran pencernaan. Teh hijau, jus sayur-sayuran dan buah-buahan dapat dikonsumsi bersama-sama dengan acara santap besar karena mereka adalah makanan.
Tambah dekat makanan pada kondisi alamiahnya semakin baik
8. Minumlah paling sedikit seperempat dari makanan, air yang tidak tercemar setiap hari.
Itu sama dengan meminum 8 gelas air sehari. Sebagian sistem air minum umum sangat tinggi kandungan bahan kimianya karena sumber air tanah terus-menerus tercemar. Jus dan makanan menyediakan air signifikan tetapi tidak mencukupi. Minum lah air yang berkualitas tinggi, baik yang dikemas dalam botol maupun melalui sistem osmosa terbalik.  Disarankan meminum air suling bagi orang yang menderita arthritis. Pada hari panas minumlah 2 liter air atau lebih.
9. Gunakan alat masak yang rendah panas, tidak berair. Masaklah dengan sedikit atau tanpa air dan jangan memasak terlalu matang.
Air mendidih dan terus-menerus terbuka ke  udara dapat menghilangkan sebagian besar zat gizi. Pergunakan panci baja antikarat, rendah panas dengan tutup. Memasak dengan menggunakan oven pinggan atau kuali kaca dengan tutup sangat dianjurkan.
10. Mengkomsumsi daging, ayam dan ikan panggang atau bakar tak lebih dari tiga kali seminggu.
Sekalipun memanggang bukan metode memasak yang sempurna, minimal lebih baik. Terutama berkaitan dengan upaya menjaga nilai gizi. Masaklah dengan panas rendah dan lebih lama untuk mempertahankan sebagian besar nilai gizi. Hindari daging berlemak dan gunakan hanya ikan putih yang bersirip dan bersisik. ikan salmon boleh dikonsumsi meskipun bukan ikan berwarna putih. Daging berlemak menyebabkan kegemukan, gangguan jantung, dan berbagai persoalan kesehatan lainnya. Daging sapi bisa merangsang jantung dan tidak disarankan untuk dikonsumsi.
Mengkonsumsi daging lebih dari 3 kali seminggu dapat menghasilkan kelebihan asam urat dan produk samping yang akan memberi beban tidak perlu pada tubuh. Meskipun tidak yakin bahwa daging itu sendiri dapat menyebabkan gangguan jantung,  Doctor Jensen yakin bila kita hidup dalam tingkat stress tinggi dan termasuk mengkonsumsi daging dalam jumlah besar, itu dapat menyebabkan berbagai gangguan jantung.
Ayam Bekakak oleh Mercure Hotel Alam Sutera
11. Hindari mengkonsumsi 1 jenis makanan secara berlebih.
Kelebihan satu atau beberapa makanan bisa menyebabkan  terlalu banyak bahan kimia tertentu pada tubuh. Harus diatasi agar tidak menyebabkan iritasi, peradangan atau berbagai alergi. Misalnya penyakit seliak disebabkan oleh zat perekat gandum atau dari padi-padian lain yang dapat merusak dinding usus kecil. Masalah kesehatan seperti  diabetes dan hypoglycemia berkaitan dengan pemakaian  gula berlebihan. Penderita alergi dan meningkatnya risiko sakit jantung berhubungan dengan konsumsi berbagai produk susu secara berlebihan. Lesi pembuluh nadi dan miokardial yang menyebabkan penyakit kardiovaskular dan gangguan jantung  disebabkan kekurangan magnesium. Kelebihan salah satu dari jenis makanan sama artinya kurangnya viariasi makanan.
Semoga kaidah-kaidah makanan sehat ini berguna bagi para pembaca
Exit mobile version