Arenga Indonesia Stories

Berkreasi Dengan Gula Aren

Gulaarenorganik.com : Kreativitas membuat ide-ide tak terbatas. Di tengah gencarnya kampanye pemakaian pemanis sehat kami menerima banyak pertanyaan. Salah satunya adalah gula aren itu bisa digunakan untuk apa saja?

Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa pendek dan panjang. Namun pohon aren sebagai sumber bahan baku banyak tumbuh di bumi Indonesia, sudah jadi bagian hidup dalam masyarakat. Jawaban paling sederhana dari pertanyaan tadi tentu berawal dari sana: Membuat berbagai kreasi Makanan khas Indonesia. Apakah dicemplungkan ke dalam kolak, diencerkan jadi kuah kue lupis, isi onde, klepon, cenil dan di pulung dalam parutan singkong dan dibungkus daun pisang kita nikmati sebagai jajanan pasar? Semua bisa. Semua tergantung pada pilihan dan selera.

Selain kreasi makanan tradisional di atas masih banyak makanan Indonesia yang memasukan unsur gula aren ke dalamnya. Fungsinya pun beragam. Entah sebagai pemanis, pewarna, penguat aroma atau menaikan cita rasa. Yang telah dituliskan di atas hanya penggunaan standar dari gula aren.

Contoh Berkreasi Dengan Gula Aren
Berkreasi dengan gula aren akhir-akhir ini semakin meluas. Transformasi bentuk dari gula batok jadi gula semut ( aren kristal) memungkinkan hal itu terjadi. Saya pernah menulis minum kopi gula aren selain enak punya nilai tambah di sisi kesehatan. Seorang pengugasaha dari Surabaya memadukan faktor sehat itu menjadi kopi herbal. Tak lama lagi Indonesia akan punya produk kopi sehat berupa paduan antara gula aren dari Indonesia dengan herbal dari Arab. Kopi herbal seperti itu dijuluki The Arabian Wedding Coffee, berguna sebagai penghangat dan membuat tubuh bereaksi terhadap sensasi denga lebih baik. Resep ini sudah digunakan para kafilah dan pelintas gurun selama berabad-abad.

Yang terbaru dari Berkreasi dengan Arenga Palm sugar adalah dipadudakan dengan tepung ubi jalar. Dan jadi lah ice cream. Bukan es krim biasa namun healthy ice cream. Kandungan vitamin dan mineral dari gula aren bertemu dengan betakaroten dan zat-zat anti oksidan dari ubi jalar. Tagline yang paling cocok untuk es krim ubi jalar + palm sugar ini adalah : Nikmati eskrimnya dapatkan mata yang sehat dan kulit yang mulus sebagai bonusnya.

Salam penuh inspirasi,
— Evi Indrawanto
Arenga Palm Sugar
Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

Exit mobile version