Monday, October 26, 2009

Coffee after lunch :)

I did not invite you to drink coffee. But if you've already known how wonderful the work of caffeine on our nervous system, you just don't forget to use palm sugar as a sweetener. That's  smart choice :)

--Evi Indrawanto

Posted via email from evi-indrawanto's posterous

Sunday, October 25, 2009

The Pempek Sagas with DIVA'S Palm Sugar (Gula Aren)

Pempek or Empek-Empek Palembang is Indonesian traditional foods from Palembang of South Sumatera, are made from fish and sago. Actually it is difficult to say that the origin of Pempek is Palembang city because almost all areas in South Sumatra produce them.

Serving pempek is accompanied by black-brown souce it called vinegar or Cuko (in Palembang). Cuko is made from boiled water, palm sugar (gula aren), ebi shrimp and crushed chili, garlic, and salt. For indigenous communities of Palembang, Cuko always made spicy to increase appetite. But with the entry of migrants from outside the island of Sumatra is now common sweetness Cuko with those who do not like too spicy. One meal supplement in this unique taste is the fresh cucumber slices. 

The famous type of Pempek is "pempek submarine" ( kapal selam), made of a chicken or duck egg wrapped in batter and then fried in hot oil. There are also others such as pempek lenjer, pempek round (or known as "ada'an"), pempek fish skin, pempek pistel (it's young slices papaya in spiced stew), pempek small eggs, and pempek curly.

Pempek can be found easily throughout the city of Indonesia and  of course in Palembang. They are sold in restaurants, in the cart, and even now online. And in every school cafeteria We easily find of pempek.

Soure : Wiki

Pempek Kapal Selam ( submarine, oh what a name!), bundar (round) and kulit ikan (fish skin)

--Evi Indrawanto
http://gulasemut.blogspot.com

Posted via email from evi-indrawanto's posterous

Tuesday, October 13, 2009

Kolang-kaling atau Buah Atep

 
kolang-kaling atau buah atep
Buah Aren Muda di Pohon


Kolang-kaling atau Buah Atep - Ini sering juga disebut buah enau atau toddy fruit.

Selain nira untuk menghasilkan gula, produk pohon aren lain yag diterima secara luas oleh masyarakat adalah buahnya. Buah aren muda berwarna hijau saat ditangkai ini di dalamnya mengandung 3 buah biji dengan inti biji (endosperus) berwarna putih bening. Inti biji dari buah aren setengah masak itu lah yang dikenal sebagai kolang-kaling atau buah atep.

kolang-kaling atau buah atep
Kolang-kaling yang dijual di pasar

 Kolang-kaling atau buah atep umumnya dimanfaatkan untuk mencampur kolak, es buah atau dibuat manisan. Di Indonesia buah yang dalam bahasa Belanda disebut glibbertkjes ini hanya ngetop selama bulan ramdhan. Di luar itu kebanyakan disia-siakan.

Kolang-kaling atau buah atep, anyone?

Arenga Indonesia

Wednesday, October 7, 2009

Berkreasi Dengan Gula Aren

Pemakaian gula aren itu untuk apa saja sih? Karena ini adalah gula asli hasil bumi Indonesia maka pemakain berawal dai situ: Makanan khas Indonesia. Di cemplungkan ke dalam kolak adalah cara umum. Kuah kue lupis, isi onde, klepon, cenil dan di pulung dalam parutan singkong dan dibungkus daun pisang kita nikmati sebagai jajanan pasar.

Masih banyak lagi panganan tradisional Indonesia yang memasukan unsur gula aren ke dalam containnya. Entah itu sebagai pemanis, pewarna, menguatkan aroma atau untuk menaikan kelas dari cita rasa. Sedikit yang saya tuliskan diatas merupakan contoh penggunaan standar saja dari gula aren.

Setelah gula aren mengalami perubahan ( kalau tidak batok pasti bulat ) menjadi gula semut ( aren kristal) penggunaannya jadi meluas. Saya pernah menuliskan bahwa kopi dengan gula aren itu enaknya luar biasa. Lalu seorang pengugasaha dari Surabaya memadukan faktor kandungan sehat dari gula aren dengan kopi dan herbal. Maka sebentar lagi Indonesia akan mempunyai kopi sehat berupa paduan gula aren dari Indonesia dengan herbal dari Arab. Kopi herbal yang dijuluki juga sebagai The Arabian Wedding Coffee ini berguna sebagai penghangat yang akan membuat tubuh bereaksi terhadap sensasi denga lebih baik. Resepnya juga sudah dipakai oleh para kafilah dan pelintas gurun selama berabad-abad.

Yang terbaru adalah gula semut arennya DIVA'S bisa jadi salah satu solusi dari 'kegatelan" otak para pengusaha untuk menghasilkan produk-produk baru. Seperti contoh foto diatas. Dengan memadukan tepung ubi jalar dengan gula semut aren terciptalah ice cream dengan rasa enak nan eksotis. Ini bukanlah sekedar ice cream. In adalah ice cream sehat. Kandungan vitamin dan mineral dari gula aren bertemu dengan betakaroten dan zat-zat anti oksidan dari ubi jalar. Tagline yang paling cocok untuk es krim ubi jalar + palm sugar ini adalah : Nikmati eskrimnya dapatkan mata yang sehat dan kulit yang mulus sebagai bonusnya.


Salam penuh inspirasi,
-- Evi Indrawanto
DIVA'S Palm Sugar
Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arenga Products

Arenga Products

Blog Archive

Arenga Sugar 10 Kg

Arenga Sugar 10 Kg