foto Sambel pete
Sambal Petai yang banyak cerita

Kalau lah ada makanan yang dimasukan ke dalam kelas paria, petai salah satunya. Asam amino yang dikandungnya membuat harga dirinya terlempar sebagai makanan kelas rendah. Bayangkan jika kamu habis mengkonsumsi petai, terus tak lama kemudian bertemu calon pacar atau mertua? Bau mulut dan pipis ( kalau kebetulan numpang pipis di toilet mereka –mereka tidak suka petai )yang berbau sulfur dan gas hidrogen sulfida yang kuat itu bisa membuat mereka pusing tujuh keliling. Gak heran jika kemudian nilaimu berkurang beberapa poin di mata mereka.

Baca juga : Pisang Pepe Bugis dan Kearifan Lokal

Yah banyak orang yang tak menyukai sambal petai karena baunya ini. Kadang ada juga yang tak suka karena imej kelas rendahan yang melekat padanya. Padahal selera menerima sepenuh hati. Biasanya yang beginian menghindari makan petai di tempat ramai tapi menggasaknya di rumah, ketika tak ada yang melihat.

Untungnya penggemar masih cukup banyak di Indonesia. Tahu kan kulit tebal yang dikenakan satuan papan ini harganya pernah melonjak di pasar?

Menu Masak Petai

foto petai bakar enak dicocol dengan sambel
Petai bakar enak dicocol dengan sambal

Petai atau pete itu dapat dinikmati dengan berbagai cara. Bisa dimakan mentah sebagai lalap atau hanya direbus dan dibakar.

Sebagai penggemar petai, saya mengatakan petai itu paling enak digoreng. Entah dirisi tipis-tipis berikut kulitnya untuk menemani ikan teri atau digoreng dengan butiran kupas yang utuh. Nah kalau yang dibakar ini enak banget kalau ditemani sambal terasi dengan nasi panas.

Menghilangkan Bau Petai

Petai emang bau. Gak masalah bagaimanapun sukanya saya, aroma gas hidrogen sulfida itu tetap tak bersahabat dihidung.

Nah untuk mengusir baru tak sedap itu banyak yang menyarankan agar mengunyah bubuk kopi setelah makan.

Ambil sedikit bubuk kopi, kunyah beberapa saat di mulut, buang. Setelah itu bilas mulut dengan air putih lalu minum yang banyak.

Selain kopi, makan mentimun salah satu kiat menghilangakan bau petai.

Manfaat Rajin Mengkomsusi Sambal Petai

Sambal Petai

Makanan yang enak dikonsumsi rata-rata punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki kandungan gula yakni sukrosa, fluktosa, dan glukosa ini dapat memberi energi, mendongkrak stamina. Energi instant ini dapat bertahan dalam tubuh selama 90 menit.

Petai dipercaya mengandung protein 4 kali lebih besar dari buah apel. Terdapat karbohidrat, fosfor, dan Vitamin A.

Menurut penelitian petai bermanfaat juga menghindarkan seseorang dari depresi. Penyebabnya adalah kandungan triptofa, asam amino yang diubah oleh tubuh untuk menghasilkan zat serotonin yang bisa membuat kita nyaman dan santai.

Ada lagi yang mengatakan bahwa rajin mengkonsumsi sambal petai ( petai diolah apa saja lah πŸ™‚ ) bisa mengurangi resiko stroke sebanyak 45 %. Mungkin juga berkat bantuan Vitamin B 6 bisa mengatur kadar gula darah, memperbaiki mood, sehingga kita tak mudah stress.

Resep Sambap Petai Ala Arenga Indonesia

Mempersembahkan Gula aren Arenga Indonesia untuk Sambil Petai πŸ™‚

Bahan

  • 10 buah cabe merah
  • 2 Papan petai
  • 10 buah tomat ceri
  • 1 iris nanas
  • 1 Buah bawang bombay
  • Arenga Indonesia gula aren secukupnya

Cara Membuat

  • Ulek cabe merah dengan sedikit garam. Kupas petai. Iris tomat, nanas dan bawang bombay
  • Tumis bawang bombay sampai harum. Masuka cabe dan petai, tunggu sampai harum. Masukan nanas dan irisan tomat. Terkahir disedapkan dengan gula semut aren organik.
  • Sambal petai ala Arenga Indonesia ini sudah berkali-kali praktek di dapur di Serpong. Tak pernah ada yang komplain kecuali minta lagi dan lagi.

Untuk pemesanan Arenga Indonesia Palm Sugar kontak, WA 0819 3241 8190