Segala hal tentang palm sugar mulai dari manfaat kesehatan sampai dampak produksinya terhadap lingkungan
Palm sugar

Palm sugar atau gula aren adalah jenis gula alami yang berasal dari nektar bunga pohon aren (arenga pinnata). Proses pembuatannya melibatkan pengumpulan nektar, pemanasan, dan kristalisasi untuk menghasilkan gula aren yang berwarna coklat kehitaman dan memiliki cita rasa yang kaya. Baca sampai bawah ya agar lebih kenal palm sugar, mulai dari manfaat sampai dampaknya terhadap lingkungan.

Perbedaan Palm Sugar dengan Gula Merah dari Tebu (Brown Sugar)

foto brown sugar
Brown sugar tak lain dari gula putih yang dicoklatkan

Perbedaan antara palm sugar dan gula merah dari tebu (brown sugar) terletak pada bahan baku dan proses pembuatannya.

Palm sugar dibuat dari nektar bunga (nira) pohon aren. Sedangkan gula merah dari tebu (brown sugar), seperti namanya, dibuat dari tebu. Bahan baku yang berbeda ini membuat palm sugar dan brown sugar memiliki perbedaan dalam warna, tekstur, dan rasa.

Palm sugar memiliki warna coklat kehitaman dan tekstur halus. Sedangkan gula merah dari tebu atau brown sugar memiliki warna merah kecoklatan dan tekstur yang lebih kasar.

Begitu pun palm sugar memiliki rasa yang kaya dan kompleks, sedangkan gula merah tebu memiliki rasa yang lebih sederhana.

Dari sisi nutrisi, selama diproses secara organik, keduanya mengandung zat-zat yang sama baik. untuk Sedikit perbedaan adalah palm sugar mengandung lebih banyak zat besi dan kalsium dibandingkan gula merah.

Perbedaan antara palm sugar dan brown sugar lainnya adalah dari sisi penggunaan, tergantung resep. Ada resep yang cocoknya dengan brown sugar, seperti kue-kue yang berasal dari negara barat. Karena sejatinya mereka tidak punya pohon palem, tapi banyak gula tebu.

Yang jelas perbedaan lain dari palm sugar dan brown sugar adalah bergantung alias pada selera, keterjangkauan dan ketersediaan bahan baku kedua pemanis ini di daerah masing-masing.

Baca juga:

Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Palm Sugar

manfaat kesehatan arenga palm sugar organik
Arenga palm sugar

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan mengonsumsi palm sugar:

  • Kandungan nutrisi: Palm sugar mengandung mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan besi, serta vitamin B1, B2, B3, dan B6. Selain itu, palm sugar juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan fenolik.
  • Meningkatkan energi: Palm sugar mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi yang tahan lama. Karbohidrat ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.
  • Menjaga kesehatan pencernaan: Palm sugar mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Menjaga kesehatan tulang: Palm sugar mengandung kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Menjaga kesehatan jantung: Palm sugar mengandung kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah.
  • Menjaga kesehatan kulit: Palm sugar mengandung vitamin B dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Cara Menggunakan Palm Sugar Dalam Masakan

Cara menggunakan palm sugar dalam makanan
Aplikasi palm sugar dalam makanan

Palm sugar sudah dimanfaatkan dapur Nusantara sejak zaman kuno. Ada banyak literatur menginformasikan mengenai ini. Setidaknya 2 parasti, Prasasti Watukura dan Prasasti Taji yang membahas jenis makanan orang Jawa Kuno, menyingung beberapa makanan dan minuman yang bersentuhan dengan pohon palmae.

Warisan tersebut bertahan sampai ratusan tahun dan bertemu dengan kita sekarang.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan palm sugar dalam memasak:

  1. Sebagai pemanis dalam saus dan kuah: Palm sugar salah satu pemanis terbaik sebagai bumbu dapur. Taburkan rasa manis alami dan legitunya itu pada saus dan kuah seperti saus sate, kuah gulai, dan kuah kari.
  2. Sebagai bahan pembuat kue dan roti: Karena warna palm sugar asli cenderung gelap, sepanjang tidak masalah dengannya, palm sugar bisa menggantikan semua peran gula putih. Gunakan mereka dalam pembuatan kue dan roti agar rasa akhir dari adonan jadi manis yang lebih kaya.
  3. Sebagai bahan pembuat minuman: Palm sugar dapat digunakan sebagai pemanis alami pada minuman seperti teh, kopi, dan minuman jus.
  4. Sebagai bahan marinade: Palm sugar dapat digunakan sebagai bahan marinade pada daging dan ayam untuk memberikan rasa manis yang lezat sebelum dipanggang atau dibakar.
  5. Sebagai topping pada makanan: Palm sugar dapat digunakan sebagai topping pada makanan seperti bubur dan es krim untuk memberikan rasa manis yang lezat.

Palm sugar dapat digunakan dalam bentuk padat atau cair tergantung pada kebutuhan resep. Untuk palm sugar padat, sebaiknya dihancurkan terlebih dahulu atau diencerkan dalam air sebelum digunakan agar mudah dicampur dan larut dalam masakan. Jangan lupa untuk selalu mencicipi masakan saat menambahkan palm sugar agar dapat menyesuaikan dengan selera pribadi.

Jenis-Jenis Palm Sugar dan Perbedaannya

Pohon palma Nipah untuk membuat palm sugar atau gula merah
Pohon palma Nipah

Berikut adalah beberapa jenis palm sugar yang ada:

  1. Gula kelapa (cocos nucifera): Gula kelapa adalah jenis palm sugar yang paling umum dan sering ditemukan di Indonesia. Terbuat dari nektar bunga kelapa yang dipanen secara tradisional. Rasa manisnya gurih dengan aroma yang khas.
  2. Gula aren (arenga pinnata): Gula aren dibuat dari nektar tandan bunga aren jantan dan betina. Tapi petani lebih suka menyadap dari tandan bunga jantan karena air niranya lebih banyak. Warna palm sugar llebih gelap dan aroma yang lebih kuat dibandingkan gula kelapa.
  3. Gula merah Lontar (Borassus flabellifera Lin): Gula lontar merupakan bahan pemanis yang dihasilkan dari pengolahan nira pohon palma lontar. Pohon lontar yang di zaman kuno banyak digunakan sebagai media menulis, banyak tumbuh di NTT dan daerah tropis lain di Asia Tenggara dan Pasifik Selatan.
  4. Siwalan (Borassus sundaicus): Sebenarnya ini sama dengan lontar. Palm sugar atau gula merah siwalan banyak terdapat di Lamongan, Jawa Timur, tepatnya di daerah Paciran. Proses pembuatan gula Siwalan sama dengan aren dan kelapa. 
  5. Nipah (Nypa fruticans): Nipah, walau jumlah niranya tidak sebanyak aren, kelapa dan siwalan, juga digunakan untuk membuat gula merah.
  6. Kelapa sawit (Elaeis guineensis): Kelapa sawit tidak hanya menghasilkan minyak. Dari tandan bunganya juga mengalir getah bening mengandung gula. Itu lah sekarang banyak dimanfaatkan orang untuk membuat gula merah.

Jadi perbedaan utama antara jenis-jenis palm sugar terletak pada bahan baku yang digunakan. Kalau proses pembuatan hampir sama, yaitu dengan memanaskan nira sampai kekentalan tertentu yang kemudian dicetak atau dibuat gula semut.

Selain itu, rasa, warna, dan aroma juga dapat bervariasi tergantung pada jenis pohon palmae yang disadap. Nah pemilihan jenis palm dapat mempengaruhi rasa dan aroma pada masakan dan minuman yang dibuat.

Manfaat Palm Sugar Organik Untuk Penderita Diabetes

Manfaat palm sugar untuk penderita diabetes
Pemanis untuk diabetes perlu kehati-hatian

Orang mengatakan bahwa palm sugar baik bagi penderita diabetes. Tapi harap ditambahkan bahwa itu adalah palm sugar organik.

Terus, meskipun palm sugar organik dianggap sebagai pilihan pemanis yang lebih sehat dan alami daripada gula putih, penderita diabetes perlu tetap memperhatikan jumlah konsumsinya. Bagaimana pun kandungan gula alaminya tetap tinggi.

Glukosa dan fruktosa dalam palm sugar organik dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu memperhatikan porsi dan frekuensi konsumsinya agar tidak mempengaruhi kontrol kadar gula darah.

Yang paling baik adalah penderita diabetes berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Mereka dengan keahliannya bisa membantu memberikan panduan mengenai jumlah konsumsi yang tepat, cara menggantikan pemanis dengan palm sugar, serta memantau kondisi gula darah penderita diabetes secara teratur.

Cara Gula Aren Organik Agar Awet dan Tahan

Untuk Organic Liquid Palm Sugar atau gula aren cair organik, selalu simpan dalam kulkas bila kemasan sudah dibuka
Untuk Organic Liquid Palm Sugar atau gula aren cair organik, selalu simpan dalam kulkas bila kemasan sudah dibuka

Palm sugar, terutama yang cair dan status organik seperti brand Arenga, mempunya keterbatasan masa penyimpanan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan palm sugar agar tetap awet dan tahan lama:

  1. Simpan di tempat yang kering: Palm sugar sebaiknya disimpan di tempat yang kering untuk mencegah terbentuknya jamur atau kelembaban yang dapat membuat palm sugar basah dan lengket.
  2. Simpan di tempat yang sejuk: Palm sugar sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung agar tidak mengalami kerusakan atau kristalisasi.
  3. Gunakan wadah yang kedap udara: Palm sugar sebaiknya disimpan dalam wadah yang kedap udara untuk mencegah udara masuk dan membuat palm sugar keras atau berubah warna.
  4. Hindari kontaminasi: Hindari menyentuh palm sugar dengan tangan yang kotor atau dengan alat yang tidak bersih untuk mencegah terkontaminasi dan mempercepat kerusakan.
  5. Bekukan: Jika palm sugar tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya dibekukan untuk menjaga kesegarannya. Palm sugar dapat dibekukan dalam wadah kedap udara atau dibungkus dengan plastik wrap terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Dengan cara-cara di atas, palm sugar dapat disimpan dengan baik dan tetap awet selama beberapa bulan hingga setahun tergantung pada kondisi penyimpanannya.

Pengganti Gula Pasir Dalam Resep

Peran gula aren menggantikan gula putih dalam resep
Palm sugar bisa menggantikan gula putih dalam resep makanan

Ya, palm sugar bisa digunakan sebagai pengganti gula dalam resep makanan dan minuman. Kita cenderung memanfaatkan pemanis ini karena cenderung memiliki rasa manis yang kaya dan aroma yang enak. Jadinya bisa memberikan sentuhan khusus pada masakan atau minuman yang dibuat.

Untuk menggunakannya dalam masakan atau minuman untuk penderita diabetes, autis atau alergi, perlu diingat bahwa palm sugar memiliki kandungan gula alami yang tinggi. Jadi perlu ditakar dengan baik sebelum digunakan. Penggunaan gula merah dalam secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan berdampak negatif pada kesehatan.

Untuk mengganti gula dengan palm sugar dalam resep makanan dan minuman, bisa dilakukan dengan mengganti jumlah gula putih yang diinstruksikan dalam resep dengan jumlah palm sugar yang sama.

Cara Membedakan Palm Sugar yang Asli dan Palsu

Agar semakin mantap tentang manfaat palm sugar, mari membedakan palm sugar asli dengan palsu bisa menjadi sulit karena banyaknya produk yang beredar di pasaran. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membedakan palm sugar yang asli dengan yang palsu:

  1. Konsistensi: Palm sugar asli biasanya memiliki konsistensi yang lembut akan berderai bila dihaluskan. Sedangkan palm sugar palsu seringkali padat dan liat. Untuk memotongnya butuh tenga.
  2. Warna: Palm sugar asli memiliki warna yang cenderung lebih gelap daripada palm sugar palsu, yang biasanya memiliki warna yang lebih terang atau cerah.
  3. Aroma: Palm sugar asli memiliki aroma yang khas dan harum, sedangkan palm sugar palsu seringkali tidak memiliki aroma atau memiliki aroma yang kurang kuat.
  4. Rasa: Palm sugar asli biasanya memiliki rasa yang kaya dan kompleks, dengan sentuhan karamel dan sedikit rasa kayu manis atau vanila, sedangkan palm sugar palsu seringkali memiliki rasa yang kurang kuat atau bahkan tidak ada rasa sama sekali.
  5. Sumber: Pastikan palm sugar berasal dari produsen yang terpercaya dan terkenal dalam menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.
  6. Label: Periksa label untuk memastikan bahwa palm sugar yang dibeli tidak mengandung bahan kimia atau bahan tambahan lainnya.
  7. Harga: Harga palm sugar asli biasanya lebih mahal daripada palm sugar palsu. Jika harga terlalu murah, maka kemungkinan besar itu bukan palm sugar asli.

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, kita dapat membedakan palm sugar yang asli dengan yang palsu dan memastikan bahwa kita mendapatkan produk berkualitas tinggi.

Produksi yang Ramah Lingkungan

Manfaat lain dari palm sugar adalah dampaknya pada lingkungan dari praktek bisnis keberlanjutan.

  1. Deforestasi: Pohon aren yang sudah tidak produktif atau tidak menghasilkan nira, akan ditebang oleh pemiliknya untuk diambil tepung atau kayunya. Tapi ini tidak akan menyebabkan kerusakan hutan atai deforestasi.
  2. Penggunaan pestisida: Terkadang, beberapa produsen perajin gula merah menggunakan pestisida untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit. Mereka harus melakukannya dengan hati-hati agar agar tidak berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia.
  3. Penggunaan air: Palm sugar adalah produk ramah lingkungan dari sisi pemakaian air. Untuk produksi relatif tidak menggunakan air terlalu banyak baik mencuci peralatan atau menyiram pohon di kebun. Sumber bahan baku palm sugar tidak akan menyebabkan degradasi kualitas tanah dan kekurangan air di daerah yang kering.
  4. Kesejahteraan petani: Perajin gula merah, secara umum sudah mendapatkan harga berkeadilan untuk produk mereka. Ini berkat keterbukaan informasi, pendidikan dan pelatihan dari para stake holder atau mereka yang berkepentingan.

Jadi produksi palm sugar secara umum dilakukan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan. Manfaat ekonomi dan sosial bagi petani lokal dan lingkungan adalah nyata.