Audit ARENGA organic atau Audit organik terhadap ARENGA palm sugar, gula aren dan gula aren cair berlangsung setiap tahun. Ini adalah syarat mutlak dalam mempertahankan sertifikat organik yang telah dipegang ARENGA sejak tahun 2008 lalu. Phiiuuuhh..Sudah 6 tahun. Sebuah pekerjaan berulang yang menuntut komitmen dan tanggung jawab besar. Baik  terhadap konsumen gula organik,  buyer, petani, lembaga auditor serta brand Arenga itu sendiri.

audit arenga organic. kelompok tani dalam proyek gula aren organik mempersiapkan dokumen
Ketua kelompok ARENGA gula aren organik proyek mempersiapkan dokumen

Gula aren ARENGA berstatus 100 % organik. Itu berarti sejak dari lahan, tanaman, penderesan (panen nira aren), pengolahan dan pengeringan di pabrik ARENGA dilakukan sesuai prinsip-prinsip organik. Namun itu belum lah cukup. Klaim organik belum cukup dalam menunjang pengakuan bahwa ARENGA adalah produk organik. Sebab konsumen organik dilindungi oleh undang-undang, semacam pengawasan melekat dan penjaminan dari kelompok atau lembaga berwenang bahwa produk yang mereka beli benaran organik.

Maka awal bulan Juni 2014 ini auditor dari Institute for Marketecology (IMO) Swiss kembali turun ke lapangan (naik gunung tepatnya). Memerikasa ulang tiap lembar dokumen, mengunjungi tiap kelompok tani yang terlibat dalam proyek ARENGA gula aren organik. Mereka masuk ke dapur pengolahan di dusun maupun tempat terpencil, mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis yang terkadang menjebak, lalu menuliskan catatan mereka. Jika ada yang bermaksud “pura-pura organik” ini lah saatnya untuk meninjau ulang soal keinginan berbohong dalam proyek organik. Melalui metode cross check dan pertanyaan-pertanyaan kritis dan penuh jebakan itu, percaya deh, yang curang takan lolos. Apa lagi petani yang rata-rata berpikir sederhana, takan bisa bermain dengan kata-kata. Perajin gula aren ARENGA akan akan menjawab semua pertanyaan sesuai fakta.

proyek gula aren organik Arenga
Di dapur pengolahan

Audit organik ini selain memperbarui komitmen, bagi ARENGA ini juga sekaligus  sebagai a self-reflections. Akan kemana lagi setelah ini, apa lagi yang harus dikerjakan, bagaimana meningkatkan kinerja agar konsumen terayomi sementara kesejahteraan petani dan perusahaan juga meningkat. Di tengah persaingan bisnis palm sugar di tingkat global yang terus meningkat kami sadar bahwa masih banyak yang harus dibenahi. Refleksi bisnis palm sugar terhadap ARENGA di pasar global  masih berupa jalan panjang dan berliku. Namun hanya satu yang pasti bahwa ARENGA akan terus belajar mendidik diri sendiri agar tak terlempar dari persaingan itu. So wish us much  good luck πŸ™‚

@Arengapalm_ 
Yang bekerja lebih baik jadi terbaik