Buah alpukat tidak sekedar enak dinikmati sebagai makanan selingan. Ternyata tanaman berdaun lebar dengan kulit buah berwarna hijau ini mempunyai efek digestive, antibakteri, antioksidan, anti jamur, antelmintik, dan antidiare. Begitu pun daging buah matang yang bisa dilumatkan biasa digunakan sebagai masker untuk menghaluskan kulit wajah. Bahkan penggunaannya semakin meluas dengan dimasukkan ke dalam body scrub, komestik pembersih, pelembab wajah dan tubuh,Sabun Mandi, lipstik,  tabir surya, dan alas bedak. Daging buah alpukat juga digunakan sebagai obat sariawan. Bahkan daunnya pun dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut.
MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK KESEHATAN
Buah alpukat yang banyak manfaat
Dengan segudang manfaat itu tak heran bila buah alpukat dikenal secara luas di negeri-negeri tropis. Pemanfaat yang paling dikenal adalah dinikmati sebagai jus atau dimakan begitu saja dengan diberi pemanis. Sepanjang pengalaman kami buah alpukat masak paling enak dinikmati dengan gula palem asli alias gula aren.
di Indonesia Alpukat dikenal dengan banyak nama: Apokat (Jawa), Jambu Wolanda (Sunda), dan Pookat ( Lampung). Penamaan yang berbeda di tiap daerah ini satu bukit lagi  bahwa buah ini dikenal secara luas.

Alpukat Kaya Nutrisi

 Masyarakat mengenal buah alpukat cocok diberikan kepada ibu hamil. Terutama kaum ibu yang sedang hamil muda yang mengidam. Perubahan hormon tubuh menyebabkan selera makan sangat berkurang. Bahkan mencium aroma nasi saja dapat menimbulkan rasa mual. Nah kalau sudah begitu biasanya mengkonsumsi alpukat akan membantu mengatasi permasalahan ini. Karena kandungan zat yang terdapat di dalam mampu memenuhi kebutuhan  nutrisi.
Berikut kandungan Nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat :
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Air
  • Serat

Khasiat Alpukat: Dari Buah, Daun, Dan Biji

Selain buahnya bagian lain dari alpukat yang bermanfaat adalah daunnya. Digunakan sebagai obat batu ginjal, rematik, sakit kepala, dan nyeri lambung.
Bahkan biji alpukat yang sudah dijadikan serbuk dimanfaat untuk meringankan sakit gigi.
Di dalam biji alpukat terdapat kandungan minyak atau avocado Seed oil yang kaya akan vitamin A B1, B,2 B,5 asam amino, asam lemak esensial, protein, dan lesitin. Minyak ini  mengandung antioksidan yang bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet dan merangsang pembentukan kolagen. Artinya alpukat bisa digunakan sebagai agen anti aging. Selain  avocado Seed oil mampu menghaluskan kerutan, juga mampu merangsang regenerasi kulit, melembabkan dan bersifat antibakteri. Bahkan di Nigeria ekstrak daunnya digunakan untuk mengobati diabetes.
menikmati buah alpukat
Alpukat nikmat dengan gula semut
Alpukat Sebagai Obat Anti Kejang.
Di Afrika daun alpukat yang ditumbuk merupakan obat kejang dan epilepsi. Berbagai studi menunjukkan ekstrak air daun alpukat berperan sebagai anti kejang dengan jalan menambahkan beberapa zat seperti Gabaergic, dan lain-lain.
 
Alpukat sebagai anti kolesterol
Ekstrak daun alpukat berpotensi menormalkan kadar kolesterol dalam plasma darah. Walau hingga kini senyawa aktifnya  belum diketahui spesifikasinya dalam menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Dan alpukat berpotensi mencegah atherosklerosis. Dalam hubungannya dengan berat badan daun alpukat meningkatkan katabolisme atau pembongkaran lemak sehingga berdampak pada kadar obesitas.
Berikut beberapa resep menggunakan alpukat.
Resep alpukat menurunkan tekanan darah tinggi :
Sudah ada penelitian dari Departemen Farmasi Universitas Indonesia bahwa daun alpukat sebagai antihipertensi melalui uji klinis pada tikus. Pemberian ekstrak daun alpukat bisa menurunkan tekanan darah tikus.
Caranya: Ambil 4 sampai 5 helai daun alpukat diseduh dengan segelas air panas. Setelah dingin seduhan ini diminum 1 kali sehari.
Resep Alpukat Menghaluskan Kulit
Daging buah alpukat dilumatkan lalu dioleskan sebagai masker pada kulit wajah dan tubuh. Diamkan selama 30 menit setelah itu bilas dengan air dingin.
 
Resep Alpukat Mengobati Sakit Pinggang
Ambil 5 helai daun alpukat lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Angkat saring dan Diamkan selama semalam. Diminum 1 kali sehari. Lakukan rutin selama 1 minggu.
Demikian beberapa manfaat alpukat.