Arenga Indonesia Stories

Palm Sugar Untuk Penderita Diabetes


Dalam artikel-artikel yang saya kumpulkan dari beberapa sumber, penderita diabetes sebaiknya tidak pernah menggunakan bahan pemanis gula pasir untuk kebutuhan sehari-hari. Kalaupun harus memakainya, sebaiknya menggunakan gula alami seperti madu, gula kurma dan palm sugar.

Penerimaan masyarakat internasional terhadap manfaat palm sugar, terutama yang di olah secara tradisional, tidak ditambah gula pasir dan zat2 kimia sintetis lainnya, memberi harapan cerah bagi kelangsungan bisnis ini. Bahkan saya sudah mendengar pula bahwa Cambridge University saat ini sedang membuat peneliatian tentang manfaat palm sugar untuk kesehatan. Penelitian tersebut terkait dengan penyakit diabetes dengan Glycemic index (GI)-nya yaitu sebuah evaluasi dengan sistem rating bagaimana bermacam-macam makanan mempengaruhi tingkat gula darah penderita.

Seorang teman yang tinggal di Belanda bercerita bahwa saat ini hampir sebagian besar RT tangga Balanda menggunakan Palm Sugar untuk pemanis kopi atau teh. Untukm keperluan minuman sehari-hari, gula pasir sudah out of date, katanya. Saya pikir inilah salah satu sebab mengapa permintaan palm sugar ke Eropa terus meningkat dari bulan ke bulan.

Dalam sebuah artikel berjudul Natural Cure for Diabetes di website Health info for You mereka mengatakan, “Foods that should be consumed in moderation are honey and other natural sugars like palm sugar, dates which can be used instead of white sugar. Remember these should be consumed in very little quantity only.”

Namun sampai penelitian ilmiah benar-benar di keluarkan, kami tidak akan pernah menyuruh-nyuruh para penderita dibetes untuk ‘ nenggak ‘ liquid palm sugar seperti yang di lakukan Pak Hendra, pengidap diabetes, kenalan baru kami beberapa hari yang lalu. Walaupun sudah membaca ratusan artikel tentang keamanan palm sugar terhadap penderita diabetes, saya masih tercengang melihat dia langsung meminum gula aren cair rasa pandan langsung dari botol seperti minum air.

Dia terkekeh. Menurutnya, sepanjang gula aren cair kami tidak menggunakan gula pasir, gula itu aman untuk dia. Bahkan Pak Hendra juga sudah lama menggunakan gula aren cair sebagai amunisi melawan rasa lapar.

Wassalam,
— Evi
Diva’s Palm Sugar

Exit mobile version