Pilih Arenga Gula Aren
Pilih Arenga Gula Aren
Mungkin anda adalah pengusaha pempek, bakery, kue-kue tradisonal, minuman rempah, kopi susu, pemilik cafe, pembuat makanan bayi, jamu dll? Anda butuh gula merah bukan?

Atau mungkin anda bekerja di perusahaan makanan yang mempunyai produk hebat dan diterima pasar? Kebetulan perusahaan Anda memakai gula aren.

Atau Anda sedang mencari celah pasar untuk usaha baru yang sudah lama anda impikkan yang akan bergerak di sektor makanan. Dan makanan itu membutuhkan gula aren dalam jumlah besar?

Terakhir, anda memiliki kerabat, teman atau kenalan yang membutuhkan pasokan gula aren secara continue?

Selamat datang di blog Arenga Indonesia. Bukan kebetulan Anda tertambat disini terutama untuk tulisan yang satu ini ๐Ÿ™‚

Untuk Gula Merah Bermutu Pilih Arenga Gula Aren

Anda bisa membeli gula aren di banyak tempat. Di pasar, di tepi jalan sebagai gula oleh-oleh, dari seorang supplier yang telah bertahun-tahun melayani kebutuhan anda. Atau anda memiliki kontak langsung dengan para petani pembuat gula aren.

Di manapun membeli gula aren, pertanyaan yang selalu muncul di kepala kita adalah, apakah ini gula aren asli?

Yang dimaksud dengan gula aren asli adalah murni terbuat 100 persen nira aren. Tidak ada bahan campuran.

Iya Arenga gula aren adalah gula merah asli. Tidak perlu menggunakan bahan campuran karena gula aren tanpa campuran kualitasnya diharapkan oleh semua konsumen. Aromanya wangi, warnanya menyenangkan dilihat, tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Apa lagi produk Arenga Indonesia ini dilengkapi selembar sertifikat organik. Ini jelas-jelas menunjukan keotentikannya

Mengapa Warna Gula Aren ada yang Gelap dan Terang?

Warna gula aren lebih gelap
Warna gula aren lebih gelap

Namun terkadang terdapat perbedaan antara satu batch dengan batch berikutnya. Seperti suatu kali Anda menerima warna gula aren lebih terang, warna coklatnya manis dan ringan. Di pengirimannya berikutnya, warna lebih gelap.

Perbedaan warna bukan lah tanda-tanda bahwa gula aren yang Anda beli palsu.

Ada tigaย  hal yang mempengaruhi perbedaan Warna gula aren:

Yang pertama adalah tangkai bunga tempat mengalirnya nira.

Bila tangkai aren baru saja ditinggur, alias lengannya masih panjang, gula yang dihasilkan nira tangkai panjang ini cenderung lebih terang. Bahkan batang aren pertama kali disadap menghasilkan gula semut aren keputihan. Banyak keistimewaan dari pohon enau yang baru saja berproduksi. Salah satunya adalah aroma sedapnya sangat keras.

Karena tangkai bunga perlu diiris setiap kali panen nira, lama-lama lengan tandan akan memendek. Makin mendekati batang tandannya makin gelap lah warna gula yang dihasilkan.

Yang kedua mempengaruhi warna gula adalah mutu nira. Bila nira sudah kurang baik akan menghasilkan gula berwarna gelap.

Yang ketiga adalah cara memasak. Perajin ada yang rajin ada pula yang kurang rajin. Perajin yang rajin akan memperhatikan besaran api saat penguapan, mengaduk agar panas dalam kuali merata. Perajin seperti ini cenderung menghasilkan gula aren bermutu bagus.

Sebaliknya bila selama proses produksi kurang diperhatikan, gula bisa gosong dan warnanya menghitam.

Kami mempunyai gula aren asli dari nira terbaik yang bisa disediakan petani. Bila anda tidak membutuhkan tambahan lain seperti gula pasir, bahan pengawet kimia atau yang lebih gawat lagi formalin, pilih gula aren Arenga saja :). Untuk mendukung klaim sehat ini Arenga punya sertifikat organik.

Kontak Arenga Indonesia, Indrawanto, 0819 3241 8190