Arenga Indonesia Stories

Gula Aren Sumber Pendapatan Masyarakat Bungatan


Sumber

“SEMBAKO” Sebuah kata yang singkat akan tetapi mengandung makna yang sangat penting bahkan sebako sangat dibutuhkan oleh semua orang. Kita sebut saja Gula meski gula bukan makanan pokok yang selalu kita konsumsi setiap hari akan tetapi peranan gula juga sangat penting dalam kehidupan manusia.

Salah satu gula yang mempunyai ciri – ciri yang khas adalah Gula Arenselain harganya terjangkau gula aren juga mempunyai aroma dan rasa yang berbeda dengan gula lainnya.

Gula Aren terbuat dari buah dari pohon yang biasa disebut dengan “Pohon Aren“ meski bentuk dari pohon tersebut dibilang aneh akan tetapi memiliki kelebihan dan manfaat yang terkandung didalamnya.

Kita sebut saja Bapak Lin “ salah satu pengusaha yang berasal dari Dusun Hulu Desa Patemon Kecamatan Bungatan” Bapak yang sekaligus menjadi Guru Ngaji ( Ustad ) di Dusun Hulu tersebut telah mengolah buah dari pohon aren yang tadi dibilang aneh menjadi bahan konsumsi yang disebut dengan “GULA AREN”.

Usaha yang ditekuni oleh Nenek Moyang dan menjadi usaha turun – temurun ini tidak memerlukan dana yang cukup besar dan gula aren milik Bapak Lin ini banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat Desa Patemon dan sekitarnya.

Gula Aren yang dikelola / di buat oleh Bapak Lin ini kini menjadi usaha rumah tangga (Home Industry) secara turun – temurun sampai sekarang dan juga usahanya sekarang juga ditekuni oleh masyarakat Dusun Hulu secara umum bahkan Bapak Lin telah memproduksi Gula Buatannya ke daerah Jember dan Besuki. (Opr. Tc.)
Salam,
— Evi Indrawanto
DIVA’S Palm Sugar
Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

Exit mobile version