Source : PELATIHAN PENGOLAHAN GULA AREN ASTAMBUL
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar memilih Kecamatan Astambul sebagai tempat Pelatihan Pengolahan Gula Aren mengingat kawasan ini dapat menjadi sentra penghasil bahan baku gula aren. Sebanyak 20 orang Petani Aren Astambul sebagai peserta pelatihan dilatih secara teori dan teknis aplikasi oleh para instruktur Fakultas MIPA Unlam Banjarbaru selama lima hari, 4 Mei s.d 8 Mei 2009.

Gula aren berasal dari nira ( cairan manis ) yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu.Untuk mencegah nira mengalami peragian dan nira yang telah mengalami fermentasi tidak bisa dibuat gula,maka ke dalam bumbung bambu tersebut ditambahkan laru atau kawao yang berfungsi sebagai pengawet alami, kata salah seorang instruktur pelatihan.

Pelatihan ini dimaksudkan sebagai pembekalan kepada masyarakat, khususnya peminat, perajin maupun pengembang gula aren, ujar Kabid Sumber Daya Manusia Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Drs. Putra, MAP. Jadi tujuannya memberikan pengetahuan teknis seputar pengolahan gula aren agar dapat menjadi hasil olahan yang sesuai standar kesehatan dan higienis agar terhindar dari kandungan zat – zat yang dapat merugikan tubuh.

Dalam memberikan pelatihan, Putra menjelaskan ,para instruktur menyediakan bahan belajar yang bervariasi dan menyajikannya secara gamblang , menjelaskan prosedur latihan yang akan dikerjakan dan selanjutnya memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada para petani untuk berlatih, dan mengarahkan serta mengawasi jalannya proses pembelajaran.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Ir. H. Gusti Ruswanto mengharapkan pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan nilai tambah, khususnya dari sisi tambahan penghasilan bagi keluarga maupun sebagai penyumbang PDRB Daerah. Selain itu pemahaman petani aren dapat lebih meningkat sehingga terjadi peningkatan mutu hasil olahan gula aren baik berupa kapasitas produksi, bentuk, model, packing/kemasan yang menarik, harapnya.

Salam,
— Evi Indrawanto
DIVA’S Palm Sugar
Organic Sugar for All Purpose Sweeteners