Minuman Penyegar Kapulaga Gula Aren

Dapur Indonesia kaya akan rempah dan herbal. Mari manfaatkan diantaranya untuk membuat minuman penyegar namun kaya manfaat. Saya membuat minuman ini (belum tahu mau dikasih nama apa) gara-gara tertarik membaca manfaat kapulaga dan jahe untuk kesehatan sendi dan mempertahankan kepadatan tulang dari internet. Maklumlah terlalu lama menikmati aerobik membuat lutut saya protes dengan sering ngilu dan berbunyi-bunyi kalau membuat gerakan berputar  tiba-tiba. Jadi kalau ada yang ingin mencoba ini resepnya :

  •  Ambil 6-8 butir kapulaga, sepotong jahe merah/emprit rebus dengan 4 gelas air. Setelah airnya tinggal kurang lebih 2 gelas, masukan 2 lembar daun pandan. Tunggu 3 menit agar aroma pandan keluar (pandan berkhasiat menenangkan). Angkat dan dinginkan dalam mangkuk keramik. Tearkhir tuang Arenga Organic Palm Sugar (gula semut aren) untuk menikmatkan dan menyamarkan rasa getir dari biji kapulaga.
  • ===========

 Saya juga membuat teh daun salam. Rebusan daun salam ini sangat bagus untuk merawat penyakit diabetes, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Resepnya :

  • Ambil lima lembar daun salam segar. Rebus dengan dua gelas air. Didihkan sampai tinggal setengahnya. Angkat dan dinginkan.

Teh salam ini tidak memerlukan gula karena rasanya sudah enak. Setelah beberapa lama, penampilannya jadi menarik karena warna berubah jadi agak merah jambu.

Teh Daun Salam

Selamat mencoba!

Salam, — Evi Indrawanto
renga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners