Arenga Indonesia Stories

Cokelat denga Palm Sugar

pengembangan produk palm sugar bersama cokelat
Palm sugar dalam sebatang coklat? Pasti tambah nikmat!

Cokelat dengan palm sugar – Ini adalah berita yang saya terjemahkan menurut link di bawah. Bahwa di Kamboja palm sugar dikembangkan pemakaiannya bersama cokelat.

Seorang wanita mengisi rak di sebuah toko yang menjual cokelat di Monivong Boulevard — Phnom Penh kemarin. Dia segera akan menjual cokelat produksi dalam negeri yang sebagian menggunakan gula palem (palm sugar). Perusahaan Confirel bermaksud memperkenalkan produk tersebut tahun ini, demikian Presiden perusahaan itu Hay Ly Eang.

Perusahaan telah membeli mesin dari China dengan biaya US $ 120.000, yang dapat menghasilkan sampai empat ton cokelat per hari, ia mengklaim. Palm sugar akan menjadi bahan penting untuk produk cokelat tersebut. Tujuannya untuk menumbuhkan daya tarik gula palem (palm sugar) sebagai pemanis kepada khalayak yang lebih luas, katanya. “Cokelat yang dibuat dengan palm sugar akan meningkatkan produksi gula ini,” katanya.

Confirel saat ini berkonsentrasi membuat palm sugar (gula palem) dengan menggunakan bahan baku dari propinsi seperti Kampong Speu. Tahun ini saja mereka mengklaim telah mengekspor sekitar 20 ton palm sugar ke pasar luar negeri, dengan rencana berikutnya meningkatkan jadi 30 ton atau lebih.

Presiden Asosiasi Gula Kamboja, Sam Saroeun mengatakan bahwa ia mendukung rencana perusahaan untuk membuat cokelat menggunakan palm sugar, karena akan memberi dorongan pada industri gula palem.

Meng Saktheara, Menteri Perindustrian, Pertambangan dan Energi Perindustrian juga mengatakan kemungkinan besar ini adalah contoh pertama dari perusahaan Kamboja yang memproduksi cokelat menggunakan palm sugar.

” Aihhh…Kamboja emang keren!”

Sumber Berita

Salam,
— Evi Indrawanto
Arenga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

Exit mobile version