Buah Aren dari Tangkai Bunga Jantan

Pertanian organik adalah sebuah metode pertanian yang menggabungkan pengetahuan ilmiah tentang ekologi dan teknologi modern  dengan praktek pertanian tradisional yang didasarkan pada proses biologis alami. Sedang pertanian konvensional adalah metode pertanian yang menggunakan pestisida sintetis dan larutan pupuk sintetis yang dimurnikan. Peraturan membatasi kaum petani organik yang hanya boleh menggunakan pestisida dan pupuk alami. Prinsip  utama dari pertanian organik meliputi rotasi tanaman, pupuk hijau dan kompos, pengendalian hama biologis, dan budidaya mekanis.

Dalam metode pertanian organik pengendalian hama dilakukan secara berbeda. Dalam pertanian kimia, insektisida tertentu digunakan dengan cepat untuk membunuh hama serangga yang secara dramatis dapat mengurangi populasi hama untuk jangka pendek.  Sebaliknya, dalam pertanian organik cenderung mentolerir beberapa populasi hama dengan tujuan  jangka panjang. Pengendalian hama organik melibatkan efek kumulatif dari banyak teknik seperti : menggunakan tanaman yang bisa mengendalikan hama, pestisida biologis dan herbisida. Sumber : Wiki

Nah dalam kaitan pemakaian tanaman dalam pengendalian hama ini, beberapa waktu lalu saya berbincang dengan seorang petani padi organik dari Jawa Tengah. Menurut Bapak itu orang di desanya sudah lama menggunakan buah aren sebagai pengendali  tikus yang suka mengasah giginya dengan memotong batang-batang padi muda . Caranya dengan memecah buah aren segar untuk dimanfaatkan getahnya yang gatal dan beracun.  Setelah direndam  berapa hari, air yang sangat gatal bila terkena kulit tersebut akan disiramkan disekitar lubang persembunyian tikus. Atau dengan membuat parit di sekeliling sawah dengan mencemplungkan buah aren ke dalamnya. Melalui metode ini diharapkan para tikus β€œkegatelan” dan ogah mampir lagi ke sawah tersebut.

Aren memang tumbuhan serba guna. Tidak hanya bernilai tinggi sebagai sumber gula (aren), demi masa depan umat manusia yang memproduksi makanan  dari hasil pertanian yang berkelanjutan, nampaknya  kearifan lokal yang memanfaatkan  buah ini sebagai pengendali hama perlu dipertahankan. Semoga!

Salam,
— Evi Indrawanto
Arenga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners