dodol manis
Dodol Legit dan Manis

Dodol Manis gula aren – Gurih dan legit.

Dodol merupakan kue tradisional yang paling banyak digunakan dalam perhelatan berbagai suku bangsa di Indonesia. Tiap daerah punya sebutan sendiri terhadapnya. Dodol yang berwarna coklat cenderung gelap ini di Garut di sebut dodol. Sementara di Minangkabau disebut Kalamai, Sulewesi dipanggil Koyaba dan Iweng-Iweng adalah sebutan dari Jawa Tengah.

 Bahan dasar pembuatan dodol adalah tepung beras ketan yang dimasak bersama santan dan gula aren. Rasanya legit, gurih,  manis yang diiringi tekstur yang moist. Karena tepung ketan mengandung amicopektin, dodol gula aren ini sangat kenyal dan keras. Maka sebagian daerah mengatasinya dengan mencampurkan tepung beras biasa. Menurut saya dodol campuran ini tidak begitu enak. Rasanya cuma mirip tepung beras yang dimasak dengan gula aren. Berbeda kalau menggunakan tepung beras ketan seluruhnya, kekenyalannya membuat ketagihan.

Resep dodol biasanya di dapat dari turun temurun tanpa ada perubahan. Paling-paling hanya diperkaya rasanya dengan menambahkan jahe yang disebut dodol jahe. Di Minangkabau ada Kalamai yang diberi kacang tanah goreng yang di tumbuk. Namanya jadi Kalamai Kacang.

Sebelum digunakan, gula aren diiris terlebih dahulu. Setelah itu dilumerkan dan disaring. Gunanya  untuk mengangkat  jika ada kotoran yang menempel dalam gula aren. Tapi cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan gula semut aren seperti yang saya tulis di Jurnal Transformasi. Sudah bersih dan langsung bisa dituangkan ke dalam adonan tanpa perlu melumerkan maupun menyaring terlebih dahulu.

Salam,
— Evi Indrawanto
 Arenga Palm SugarOrganic Sugar for All Purpose Sweeteners