Teliti sebelum membeli terdengarnya nasihat kuno ya? Namun berapa banyak diantara kita pernah kecewa karena tergesa-gesa membayar dan tak memperhatikan kondisi barang terlebih dahulu? Setidaknya saya pernah mengalami kejadian seperti

ini.

Jadi sebelum terlanjur kecewa lebih baik selalu mengingat nasihat tersebut sebelum belanja. Dengan kata lain belanja berbekal nasihat bijak akan membuat kita jadi konsumen bijak.

Dan Arenga sering bertemu konsumen bijak ini. Misalnya jika palm sugar Arenga memang organik apa buktinya? Atau apa yang membuat Arenga lebih baik dari produk lain yang sejenis? Apa keistimewaan Arenga? Mengapa kita harus menggunakan palm sugar? Apa alasan dibelakang klaim pemanis sehat? Dan masih banyak pertanyaan lainnya.
 

Perhatikan Label Kemasan

Foto dalam artikel ini kami ambil dalam sebuah presentasi produk-produk organik di mana produk Arenga termasuk di dalamnya. Sebelum presentasi berlangsung pun si ibu sudah banyak tanya tentang Arenga. Ketika penyaji menceritakan berbagai keuntungan menggunakan gula aren organik untuk pemanis sehari-hari, si ibu meraih sebungkus Arenga dari pangkuaan dan kembali membaca labelnya dengan seksama. 
teliti sebelum membeli palm sugar
Arenga dalam pangkuan
baca kemasan palm sugar
Teliti sebelum membeli

Begitu lah sejatinya konsumen bijaksana, teliti sebelum membeli bisa dimulai dengan membaca label pada kemasan. Label memuat beberapa informasi yang bisa dijadikan acuan untuk mengenal produk. Makin lengkap informasi yang tertera tentu saja makin baik sebab akan membantu kita memutuskan apakah akan membeli atau tidak.

Label Pada Palm Sugar

Akan halnya membeli palm sugar ada beberapa hal yang perlu konsumen perhatikan. Apakah seratus persen terbuat dari nira aren atau kah dicampur gula kelapa atau gula pasir. Palm sugar murah biasanya tidak murni aren tapi sudah dicampur gula pasir. Atau gula substitusi lain yang gradenya lebih rendah dari gula yang akan dicampur.

Yang dijadikan acuan dalam penelitian tentu adalah kebutuhan konsumen sendiri. Jika hanya untuk membuat kue atau memberi rasa pada makanan, palm sugar campuran tentunya tak masalah. Apa lagi jika harga adalah pertimbangan utama dalam produksi.

Ceritanya lain kalau palm sugar akan digunakan untuk membuat makanan atau minuman bagi bayi atau penderita diabetes, autis atau alergi gula. Untuk mereka tak ada tolerasi kecuali palm sugar yang terbuat dari gula aren asli dan diproses secara organik.

Belanja palm sugar di mana? Di mana saja boleh. Tapi teliti sebelum membeli ya kawan.

Salam,