Di atas tungku – Bentuk palm sugar (gula palem) tidak langsung berderai seperti yang kita temukan di pasar. Sebelum mengkristal meraka harus melalui proses penguapan di atas tungku terlebih dahulu. Untuk itu butuh waktu 3-4 jam agar nira berkurang kadar airnya dan berubah jadi sirup kental dan lengket seperti dalam foto ini.

Memasak gula aren di atas tungku
Cairan kental gula aren sebelum mengkristal jadi palm sugar

 Saat gula menggelegak seperti ini aromanya enak sekali mirip kue bolu.

Dan di tahap kekentalan seperti ini pula lah nasib cairan kental ini akan ditentukan. Setelah diturunkan dari atas tungku, kalau hendak di cetak tinggal dituang ke dalam cetakan. Kalau bentuknya tempurung kelapa nanti akan disebut gula batok. Kalau ke dalam lingkaran bambu atau pencetak lainya paling-paling akan disebut gula cetak saja. Maklum walau sudah ratusan tahun digunakan sebagai pemanis, kosa kata dalam dunia gula merah tidak begitu berkembang.

mencetak gula aren menggunakan kayu keras laban
Bapak ini sedang khusuk mencetak gula

Yang menarik gula aren di beberapa daerah walau disebut gula batok namun mereka tidak menggunakan tempurung kelapa untuk mencetaknya. Melainkan sepotong kayu keras (kayu laban) yang dilubangi seperti papan congklak. Bentuk lubangnya yang dibentuk menyerupai batok kelapa itu lah mengapa gula cetaknya disebut gula batok.

+Evi Saja  +Arenga Page