Kalori palm sugar atau gula aren lebih rendah dari gula pasir. Tak heran bila ia cocok digunakan pada produk penurun berat badan. Setidaknya gula aren sudah lama dipromosikan sebagai pemanis aman bagi mereka yang sedang diet menurunkan berat badan namun masih membutuhkan rasa manis dalam makanan.

Di sisi lain ternyata gula aren juga digunakan dalam ramuan penggemuk badan. Nah bagaimana ceritanya sehingga pemanis sehat ini digunakan dalam ramuan penggemuk badan? Simak cerita Mbak Dwi Puspita, blogger Surabaya dalam tulisannya : http://tweetysaya.blogspot.com/2014/01/gula-aren-jamu-herbal-untuk-penggemukan.html.
Ramuan penggemuk badan
Gula Aren
Dalam posting tersebut Mbak Dwi bercerita bahwa suaminya kurus sementara beliau agak berisi. Agar lebih seimbang maka Mbak Dwi berniat membuat ramuan penggemuk badan. Tapi tentu saja syaratnya haruslah ramuan sehat dan alami.

Resep ramuan penggemuk badan secara tradisional ini ditemukan Mbak Dwi lewat internet. Jamu herbal ini menggunakan pemanis sehat yaitu gula aren. Gula aren atau gula palem memang sudah lama dipercaya masyarakat sebagai pemanis alami yang memiliki banyak khasiat.

Nah bagi yang mengalami persoalan yang sama dengan suaminya Mbak Dwi dan ingin ikut mencoba, berikut resep ramuan penggemuk badan. Saya copas langsung dari tulisan aslinya.

Bahan :

  1. 1/2 butir kelapa tua.
  2. 250 gram kunyit.
  3. Gula aren secukupnya.

Cara membuat :

  1. Parut dan peras kelapa hingga jadi 1 gelas santan
  2. Parut dan peras kunyit hingga jadi 1 gelas
  3. Didihkan bahan sambil diaduk hingga matang.
  4. Tambahkan Arenga palm sugar (gula aren) sesuai selera
  5. Diamkan hingga dingin.
  6. Lebih baiknya diminum menjelang tidur malam.
Alhamdulillah setelah meminumnya secara rutin selama 2 bulan, berat badan suami Mbak Dwi bertambah 5 kg. โ€œ Padahal dulu susah banget untuk menaikkannyaโ€ Katanya.

Selain meminum ramuan penggemuk badan alangkah baiknya jika diimbangi dengan olahraga teratur. Olah raga membuat peredaran darah lebih lancar, fungsi paru-paru berjalan optimal, dan membuang racun tubuh lewat keringat. Singkatnya olah raga teratur akan mengimprove kesehatan tubuh secara umum menjadi lebih sehat. Kita tak ingin badan berisi tapi kesehatan buruk, bukan?