Arenga Indonesia Stories

Akar Kawao Pengawet Nira

Akar Kawao Pengawet Nira

Foto diatas adalah Akar Kawao (Millettia Sericea), berfungsi sebagai pencegah peragian nira dalam pembuatan gula aren semut (granulated arenga palm sugar).

Banyak alasan mengapa makanan harus diwetkan. Agar tahan lama dan bisa dibawa ke tempat jauh. Menghemat. Menyimpan. Alasan kesehatan, ekonomi dan budaya.

Untuk keperluan tersebut masyarakat berusaha menciptakan agen yang dapat memanipulasi agar tak mempercepat kerusakan. Baik unsur kimia sintetis maupun alami.

Untuk pengolahan gula aren organik, mereka mencari alternatif dari tetumbuhan yang hidup di sekitar lingkungan. Warisan turun temurun memperlihatkan bahwa Akawa Kawao dapat digunakan sebagai salah satu pengawet.

Perajin gula aren sedang mencabut akar kawao

Pemakaian : potong-potong sepanjang 3 cm, cacah lalu masukan ke dalam lodong bersih yang telah dicuci air panas dan diasapi. Dilakukan untuk mempertahankan standar mutu nira yang harus dalam kondisi segar, rasanya manis, berbau harum, warna bening agak kekuningan dengan kadar gula 12% dan derajat keasaman (pH)nya antara 6,0 – 7,0. Keluar dari standar itu gula semut tidak akan jadi.

 

Exit mobile version