Arenga Indonesia Stories

Kolang-kaling atau Buah Atep

 

Buah Atep masih di pohon

Buah Aren Muda di Pohon

Kolang-kaling atau Buah Atep – Ini sering juga disebut buah enau atau toddy fruit.

Selain nira untuk menghasilkan gula, produk pohon aren lain yag diterima secara luas oleh masyarakat adalah buahnya. Buah aren muda berwarna hijau. Di dalam mengandung 3 buah biji dengan inti biji (endosperus) berwarna putih bening. Inti biji dari buah aren setengah masak itu lah yang dikenal sebagai kolang-kaling atau buah atep.

Kolang-kaling yang dijual di pasar

Kolang-kaling  umumnya dimanfaatkan untuk mencampur kolak, es buah atau dibuat manisan. Di Indonesia buah yang dalam bahasa Belanda disebut glibbertkjes ini hanya ngetop selama bulan ramdhan. Di luar itu kebanyakan disia-siakan.

Pohon Kolang-Kaling

Ada yang bertanya kolang-kaling itu terbuat dari apa? Memang bentuknya yang mirip jelly membuat kita berprasangka  kolang-kaling adalah makanan buatan pabrik.

Tidak kok kolang-kaling  berasal dari pohon enau. Sampai ke dalam es campur atau dinikmati sebagai manisan, proses pembuatannya juga sederhana.

Manfaat Buah Atep

Buah kenyal dengan rasa jelly ini ternyata mengandung banyak zat nutrisi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan.

Di dalamnya terdapat kandungan  fosfor, karbohidrat, kalsium,  protein, lemak, serat, zat besi, dan kalori.

Serat : Seperti kita tahu serat dapat melancarkan pencernaan karena kemampuannya menggerakan makanan di dalam usus manusia. Mencegah sembelit dan mendorong calon-calon kolesterol jahat yang akan mengganggu peredaran darah normal.

Fosfor: Adapun Manfaat fosfor bagi kesehatan adalah dalam hal  pembentukan tulang, pencernaan yang lebih baik, pembentukan protein , dan keseimbangan hormon. Fosfor juga  meningkatkan ekstraksi energi perbaikan jaringan sel tubuh.

Kalsium: Kalsium berguna untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Zat ini juga melancarkan  komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya. Kalsium ditemukan secara alami dalam banyak makanan yang salah satunya dalam buah kolang-kaling.

Protein: Protein adalah komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Rambut dan kuku sebagian besar terbuat dari protein. Tubuh kita menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Protein juga digunakan untuk membuat enzim, hormon, dan bahan kimia tubuh lainnya. Protein adalah bahan penyusun tulang, otot, tulang rawan, kulit , dan darah yang sangat penting. Mengkonsumsi kolang-kaling berarti menambah sedikit asupan protein ke dalam makanan kita.

Kolang-kaling atau buah atep, anyone?

Arenga Indonesia

Exit mobile version