Arenga Indonesia Stories

Tips Memanfaatkan Sesendok Gula Aren


Seorang pelanggan yang saya temui di suatu pameran mengaku bingung dalam memanfaatkan Arenga palm sugar yang diterima dari kerabat sebagai hadiah. “Sudah sebulan Mbak tapi stoples saya masih penuh. Bingung saya mau digunakan untuk apa?”
Sesendok Gula Aren Banyak Manfaat dan Kaya Khasiat

Rupanya sebelum membuang kemasan alumuniumnya si ibu lupa membaca label terlebih dahulu. Padahal di sana tercantum berbagai kegunaan pemanis Kristal coklat ini. Saya katakan bahwa palm sugar miliknya segera habis kalau digunakan sesendok demi sesendok seperti halnya memakai gula pasir. Selain manisnya dapatkan sehatnya. Mendengar itu beliau tertawa sambil mengatakan, “ Ah Mbak bisa saja..”

Jadi apa saja yang bisa dilakukan oleh satu sendok gula aren ini? Banyak lah pemirsa! Berikut saya sajikan 3 tips memanfaatkan sesendok gula aren.

1. Buat Kopi Herbal

Mood sedang tidak baik atau menderita sakit kepala ringan? Coba seduh secangkir kopi hitam. Tak usah terlalu kental tapi pastikan sesendok gula aren sebagai pemanisnya. Kita tidak mau kan mood terangkat tapi kadar gula darah meningkat dengan cepat, bukan? Agar kopi tubruk terasa lebih menyegarkan tambahkan sepotong kulit kayu manis atau sepotong jahe. Yang tak suka kopi ganti dengan teh hitam.

2. Membuat Es Kacang Merah

Para ibu kadang bingung menghadirkan cemilan sehat bagi anak-anak mereka. Buat saja es kacang merah. Seperti kita tahu kacang merah memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Ada protein, serat, karbohidrat, serat, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lainnya.

Maka siapkan segenggam kacang merah dengan merendam terlebih dahulu minimal 2 jam . Kemudian buang air rendamannya. Treatment ini bertujuan membuang kandungan lectin phytohaemagglutinin penyebab gas dalam usus. Setelah itu rebus dengan ditambah sedikit garam dan daun pandan.
 

Terakhir Sajikan dengan menambah es batu, susu dan sesendok gula aren. Anak-anak pasti suka pada rasanya yang legit.
 

3. Berkreasi dengan Bumbu Dapur

Naikan derajat bumbu dapur dengan menjadikannya minuman herbal. Sepotong jahe dan sebatang serai akan kering atau busuk bila terlalu lama disimpan di keranjang bumbu. Dari pada mubazir lebih baik dijadikan minuman kesehatan.

Jahe (Zingiber officinale (L.) mengandung zat bernama gingerol dan zingeron yang fungsi farmakologi dan fisiologisnya memiliki efek antioksidan, antiinflammasi, analgesik, antikarsinogenik dan kardiotonik. Sementara Serai memiliki kandungan senyawa seperti geranil butirat, lomonen, eugenol, metileugenol,dan geranial. Senyawa-senyawa ini berguna untuk mencegah penyakit kanker, mengobati gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan lain-lain.

Membuatnya juga mudah. Didihkan dua gelas air kemudian masukan sepotong jahe dan sebatang serai. Dinginkan sambil ditambahkan sesendok gula aren untuk penyedap rasa.

Selamat berkreasi menggunakan sesendok gula aren.

+Evi Indrawanto 

Exit mobile version