Gula Palem Untuk teh rosella
Resep teh rosela dan gula palem
 
Saya sudah berbagi resep wedang kopi seperti terlihat di link ini. Resep teh rosela gula palem ini sederhana sekali membuatnya namun berbanding terbalik dengan khasiatnya yang kaya. Seperti kita tahu bahwa Rosela dalam latin disebut Hibiscus sabdariffa kaya antioksidan. Zat ini berguna dalam menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak inti sel. Sementara senyawa antosianin membantu mencegah kerusakan sel akibat sinar ultraviolet yang berlebih.

Kombinasi bunga rosela dan Arenga gula palem dalam segelas cairan berwarna merah pekat ini bila digunakan secara teratur bisa menurunkan berat badan. Alasannya adalah sifat rosela yang diuretik atau meluruhkan air seni. Jadi meminum teh rosela akan membuat kita sering berkemih. Dan seratnya mengikat lemak yang nanti akan dikeluarkan bersama feces. Sementara arenga gula palem adalah gula aren asli, diolah secara organik dan kalorinya lebih rendah dibanding gula pasir.

 

Teh Rosela Gula Palem Ramuan Kecantikan.

Dengan begitu seduhan bunga rosela dengan gula palem ini bisa juga disebut sebagai minuman kecantikan. Ditambah lagi kandungan Vitamin C yang bisa menghambat dan menyamarkan flek hitam pada wajah dan membuatnya tampak lebih cerah. Disamping Vitamin C juga akan memperbaiki struktur jaringan kulit di bawahnya menjadi lebih baik.

Selain sifat diuretiknya teh rosela gula palem ini bisa juga menurunkan tekanan darah. Jadi mereka yang mengidap tekanan darah rendah harus hati-hati menggunakannya misalnya mengurangi dosis dari 3 jadi 1 kuntum untuk tiap gelas.

Resep Teh Rosela Gula Palem

Bahan-bahan :

  • 10 kuntum bunga rosela Hibiscus sabdariffa
  • 1 batang (kurang lebih 6cm) kayu manis
  • 11 butir bunga cengkeh kering  11 butir biji kapulaga Amomum cardamomum
  • Arenga gula palem secukupnya

Cara Membuat Teh Rosela Gula Palem

 

Didihkan 4 gelas air putih. Masukan berturut-turut kayu manis, kapulaga dan cengkeh. Tunggu 6-7 menit lalu matikan api.
Masukan bunga rosela, tambahkan Arenga gula palem, dan aduk. Nikmati selagi hangat.

resep dan cara membuat teh rosela gula palem
 
Related Post :
Ramuan Tradisional Pelangsing Tubuh

+Arenga Page