Apakah teman suka menikmati manfaat kacang merah seperti es kacang merah? Selamat ya untuk sebuah kesukaan yang baik itu. Ayo diteruskan. Tak ada ruginya menggemari kacang berwarna coklat kemerahan yang sering disebut juga sebagak kacang jogo ini.Β  Apalagi jika pemanisnya juga natural maka mereka bisa dimasukan ke dalam kategori super food lho.

Β Mengapa disebut super food? Karena makanan yang berasal dari tanaman Phaseolus vulgaris ini sudah terbukti secara ilmiah mengandung serat yang sangat baik sebagai penurun kolesterol. Selain itu kandungan seratnya juga bisa mencegah kadar gula darah tidak naik terlalu cepat setelah makan. Artinya kacang merah bisa dijadikan pilihan bagi individu dengan diabetes, resistensi insulin atau hipoglikemia.

menikmati manfaat kacang merah
Es Kacang Merah dengan Gula Aren

Menikmati manfaat kacang merah bisa diteruskan melalui dikombinasikan dengan biji-bijian seperti beras. Mereka menyediakan protein berkualitas tinggi dan hampir tanpa lemak. Mereka juga sumber mineral molibdenum, komponen integral dari enzim oksidase sulfit, yang bertanggung jawab untuk menghilangkan racun sulfit dalam tubuh. (Sulfit adalah jenis pengawet sintetis yang biasanya ditambahkan ke makanan olahan yang bertujuan mengawetkan). Dan tak heran bila kacang merah yang kaya nutrisi juga banyak ditemukan dalam berbagai menu masakan vegetarian.

Mengolah Kacang Merah

Kacang merah banyak kita temukan dalam kuliner sup, salad atau dicampurkan kedalam masakan seperti rendang, sayur asem dan lain-lain.

Namun perlu disadari bahwa kacang merah mengandung zat toksin yang disebut fitohemaglutinin. Sebelum digunakan untuk membuat es kacang merah atau menu lain, agar pencernaan tak terganggu, kacang merah kering atau segar harus direndam terlebih dulu selama 5 jam. Buang air rendamannya baru kemudian direbus dengan air bersih sampai mendidih minimal 10 menit. Tapi The US Food and Drug Administration merekomendasikan agar didihkan selama 30 menit untuk memastikan mereka mencapai suhu yang cukup untuk benar-benar menghancurkan toksin. Tidak disarankan memasak dengan suhu lebih rendah dari 80 Β° C (176 Β° F), menggunakan slow cooker karena dapat meningkatkan kadar racun hingga lima kali lipat.

menikmati manfaat melalui sup kacang merah
Sup Kacang Merah

Kue Kacang Merah Asia


Masakan Jepang


Mizu-yokan
adalah semacam cake yang terbuat dari kacang merah tanpa kulit ari. Kacang ditumbuk lalu dicampur dengan gelatin, didinginkan selama jangka waktu tertentu, dan potong kotak-kotak saat disajikan.
Masakan Kanton

Dalam gaya Kanton kue kacang merah dibuat dengan mengeras pasta kacang merah yang telah dibekukan. Kue manis ini ditaburi biji wijen, dan disajikan dalam potongan blok persegi. Di wilayah China tertentu , kue ini sebagai camilan sepanjang tahun. Di wilayah lainya hanya dikonsumsi sebagai kue musiman seperti pada hari libur tradisional Cina.

Jadi teman, bila berniat menjadikan kacang merah untuk kudapan, agar manfaatnya sempurna bagi tubuh, jangan lupa gunakan gula aren organik ya πŸ™‚
Twitter @arengapalm_
Instagram @arengapalm