Resep minuman herbal wedang uwuh
Resep minuman herbal wedang uwuh

Jika ada resep minuman herbal jaman Kerajaan Mataram yang bertahan hingga saat ini,  salah satunya adalah Wedang Uwuh. Minuman tradisional ini berasal dari Yogyakarta dan sering dijadikan oleh-oleh kalau berwisata ke sana. Dengan resep minuman herbal Wedang Uwuh di bawah kita pun bisa membuat sendiri. Atau membeli lewat internet dengan variasi merek dan harga.

Keunikan dari Wedang Uwuh adalah bahwa terbuat dari bahan-bahan herbal namun mirip sampah. Sesuai namanya dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, uwuh berarti sampah. Kalau sekilas lihat dedaunan herbal kering ini memang mirip banget sampah.

Minuman herbal wedang uwuh bisa disajikan panas atau hangat. Memiliki rasa pedas manis dengan warna merah cerah dan aroma harum cengkih dan sirih yang dominan. Rasa pedasnya juga ditimbulkan dari jahe dan cengkih. Warna merah  berasal dari irisan kayu secang.

Sejarah Minuman Herbal  Wedang Uwuh

Sejarah wedang uwuh berawal dari para prajurit kuno kerajaan Mataram. Tepatnya semasa pemerintahan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Saat ini wedang uwuh juga digunakan sebagai minuman resmi saat berkunjung ke makam raja-raja Mataram dan Imogiri Jogyakarta.

Konon semua bahan ramuan yang tesedia disini diambil dari kompleks makam tersebut. Daun cengkeh diambil dari tebaran daun kering di bawah pohon yang tumbuh di makam Sultan Agung Hanyokrokusumo, Raja Mataram yang pernah menyerbu sarang VOC Belanda di Batavia.

Uwuh dalam Bahasa Jawa artinya sampah. Nama itu mengacu pada tampilan fisik dari bahan-bahan yang digunakan. Terdiri dari tumbuhan, daun dan umbi kering seperti daun kayu manis, daun pala, kayu secang, jahe dan cengkeh. Umumnya resep minuman herbal wedang uwuh menggunakan gula batu.

Agar manfaat kesehatan lebih prima mengapa tak diganti dengan pemanis organik ARENGA palm sugar saja? Ya memang harus memilih antara warna dan kesehatan. Karena dengan gula palem (gula aren) warna akan lebih gelap.

Cara Membuat Minuman Herbal Wedang Uwuh

resep minuman herbal wedang uwoh
Wedang Uwuh by Ika Koentjoro

 

Bahan Wedang Uwuh :

  1. 0.5 liter air.
  2. 3 batang sayatan kayu secang kering.
  3. 2 ruas jari jahe.
  4. 3 helai daun kayu manis kering.
  5. 3 lembar daun cengkeh kering.
  6. 3 lembar daun pala kering.
  7. 10 butir cengkih kering.
  8. ARENGA Organic Palm Sugar secukupnya.

Cara Membuat Wedang Uwuh :

  • Bakar jahe, buang kulit arinya, memarkan.
  • Didih kan air masukan semua bahan kecuali ARENGA palm sugar.
  • Masak dengan api sedang selama 15 menit.
  • Angkat dan saring
  • Tuang ke dalam gelas.
  • Tambahkan ARENGA Organic palm sugar sesuai selera.
  • Lebih nikmat dihidangkan hangat.

Karena semua bahan mudah didapat, semoga resep minuman herbal wedang uwuh bermanfaat bagi teman-teman yang ingin membuat sendiri.

Salam,
@eviindrawanto
+ARENGA PALM – gulaarenorganik.com