Arenga Indonesia Stories

Video Audit Gula Aren Organik Arenga Indonesia

Video Audit Gula Aren Organik – Sebagai pemegang sertifikat Organik Indonesia, produk Arenga berupa gula semut aren dan gula aren cair diwajibkan melalui audit setiap tahun.

Kenapa harus begitu? Biayanya kan mahal dan pekerjaannya nyelimet dan bertumpuk-tumpuk pula?

Yah peraturannya memang harus demikian. Karena mendapat sertifikat organik bukan lah pekerjaan sekali jadi. Dapat nomor organik terus bisa digunakan selamanya? Sertifikasi organik bukan begitu aturan mainnya, Bos!

Dalam perjalanan bisnis entah itu dari pihak Arenga maupun mitra petani, bisa saja terjadi penyimpangan. Entah karena sengaja atau tidak, penyimpangan dari keorganisan yang telah ditetapkan sesuai peraturan pemerintah bisa saja berbelok. Nah untuk melindungi konsumen, auditor yang mengeluarkan sertifikat organik harus terjun ke lapangan kembali. Mengaudit segala sesuatu yang telah tertuang dalam dokumen-dokumen yang dikeluarkan setahun sebelumnya.

Video Audit Gula Aren Organik Arenga Indonesia

Video pendek ini tentang audit organik di tingkat perajin, mitra Arenga. Tak ada kendala berarti karena mereka membuat gula aren organik sudah bertahun-tahun. Praktek organis sudah jadi bagian pekerjaan mereka sehari-hari. Mulai dari pohon enau yang disadap, nira yang ditampung, sampai penguapan dan jadi gula aren kristal, semua dilakukan secara alami.

Apa Saja sih yang Dicari Auditor Selama Audit Organik?

Keterangan dalam artikel Arenga ini tidak lengkap. Karena penulis tidak mengikuti kegiatannya sejak awal. Jadi yang terekam dalam video hanyalah potongan-potongan informasi sekenanya. Sedapat penulis rekam selama mengikuti verifikasi lapangan. Penulis tidak ikut ke semua dapur yang dikunjungi auditor, begitu pula tidak mendengarkan semua pertanyaan yang dilontarkan kepada para pembuat gula aren.

Namun secara garis besar, auditor akan mencocokan data-data yang sudah disipkan sebelumnya dari pengumpul dan perajin yang ikut proyek gula aren organik. Luas dan jumlah desa, jumlah pohon enau yang disadap.

Setelah itu baru mereka masuk ke sistem administrasi perajin dan sistem produksi. Dilakukan dengan mencocokan data dan wawancara.

Wawancara ini yang paling kritis. Mereka yang organiknya pura-pura, yakin deh, gak bakal lolos. Karena auditornya seperti FBI, mengajukan beberapa pertanyaan yang terkadang menjebak.

Kontak Arenga, WA 0819 3241 8190

Exit mobile version