Gula aren bubuk organik 10 kg
Gula aren bubuk organik 10 kg

Gula aren bubuk organik, sama seperti gula semut berasal dari nira pohon enau yang dipekatkan. Ini adalah bentuk lain dari gula merah cetak yang sudah dikenal luas. Sebuah inovasi dari pengolahan pemanis tradisional agar lebih moderen dan bisa meraih pangsa pasar lebih besar. Bentuknya berderai seperti gula pasir dengan kadar kekeringan tertentu. Sering juga disebut gula semut karena bentuknya dianggap seperti sarang semut di tanah. Walau negara lain mengenal gula merah pasir ini sebagai palm sugar, namun hampir sebagian besar produk gula merah serbuk ini datang dari negara-negara Asean. Terutama Indonesia sebagai pemain utamanya.

Jual Gula Aren Bubuk

Jual gula aren bubuk organik
Arenga Gula Aren Organik

Yang menari dari gula aren bubuk ini salah satunya adalah warnanya. Ini juga salah satu nilai tambah dalam jual gula aren bubuk. Warna coklat alami dapat sekaligus digunakan untuk mewarnai makanan. Kopi susu misalnya, tampil lebih menarik bila pemanisnya adalah gula merah bubuk ini.

Jual gula aren bubuk semakin dicari, apalagi yang sudah di sertifikasi organik, semakin banyak peminatnya. Konsumen sudah mengerti pemanis organik jauh lebih baik karena diproses tanpa apa menggunakan zat kimia sintetis. Tanpa bahan campuran kimia sintetis pemanis ini mempertahankan cita rasanya  yang khas. Dan tentu saja aman  untuk digunakan sehari-hari. Entah sebagai pemanis minuman, bahan campuran kue, biskuit atau bahan dekorasi.

Harga Gula Aren Bubuk

Sudah menjadi kebiasaan bahwa harga gula aren bubuk lebih tinggi dibanding gula pasir. Tapi para produsen tentu saja akan berusaha keras melayani pelanggan mereka sebaik-baiknya. Apalagi dengan pelanggan yang sudah terikat kontrak quantity, harga tidak bisa sembarang naik-turun. Jadi bagi korporasi makanan yang membutuhkan gula merah bubuk organik akan mengeluarkan surat perjanjian kuantiti dengan pemasok. Dengan cara ini  biasanya harga lebih miring dibanding kalau langsung beli di pasaran.

Banyak faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga pemanis tradisional ini. Salah satunya musim. Musim panen atau musim panas adalah saat-saat harga gula merah mengalami kenaikan. Ketidak tersediaan tenaga penyadap dan panceklik nira pemicunya.

Musim panen para perajin meninggalkan sejenak pekerjaan menyadap mereka sampai musim berlalu. Begitupun saat musim panas ketika nira produksi semakin sedikit , harga akan gula aren meningkat. Harga kembali turun jika hujan turun, petani kembali menderas nira dan membuat gula aren.

Cara Membuat Gula Aren Powder

Cara Membuat Gula Aren Bubuk
Mengayak salah satu cara membuat gula aren bubuk secara tradisional

Gula aren bubuk bisa dibuat dari gula aren cetak. Bongkahan-bongkahan gula merah dihancurkan, dijemur sampai kering sampai terbentuk tepung gula. Kalau sudah jadi warna sedikit berubah, lebih pucat dari gula bongkahan asli.

Tapi yang terbaik adalah seperti yang dilakukan Arenga Indonesia.  Gula merah kristal organik dibuat langsung dari nira  Arenga Pinnata (aren). Saat nira segar baru turun dari pohonnnya, lansung diolah untuk dibuat gula semut organik. Proses pengolahan seperti ini menjamin mutu produk di kualitas premium. Sebab nira yang telah femermentasi atau turun kadar PH tidak akan bisa mengkristal dan membentuk butiran serbuk seperti yang diinginkan.

Manfaat Gula Aren Serbuk Organik

Gula aren bubuk Arenga kemasan kraft
Gula aren bubuk Arenga kemasan kraft

Banyak yang sudah membahas manfaat gula aren bubuk organik dari sisi kesehatan. Selain masih memiliki kandungan nutrisi, bila dipadukan dengan herbal, akan memperkuat khasiat racikan herbal tersebut. Dan harus diingat, khasiat gula aren yang dimaksud artikel ini, bukan berdiri sendiri. Gula aren tak punya kandungan berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Setidaknya belum ada penelitian mengungkapkan khasiat acam-macam gula aren seperti banyak yang ditulis di internet. Khasiat gula aren baru muncul setelah dikombinasi oleh berbagai herbal!

Namun manfaat praktis dari pemakaian gula aren kristal ini tentu saja seratus persen betul. Mereka sangat praktis untuk diaplikasikan dalam berbagai racikan minuman. Bisa ditimbang dan diukur sesuai kebutuhan. Bentuknya beruba butiran kering sangat mudah dibagi jadi bagian kecil dari sebuah menu.

Kontak Arenga Indonesia

Indrawanto 0819 3241 8190