Gula Semut Aren Organik
Gula Semut Aren Organik

Gula semut aren adalah gula merah versi bubuk atau granul atau butiran. Ini lah jenis pemanis yang semakin banyak dicari masyarakat milinial. Karena semakin meningkatnya kesadaran bahwa menjaga kesehatan, salah satunya bisa lewat asupan makanan dan minuman. Untuk pemanis pilihan jatuh pada gula semut aren organik yang sering juga disebut sebagai gula aren bubuk ini.

Pasar banyak menawarkan gula atau pemanis kesehatan, tapi yang terbaik tetap merupakan produk alami. Gula semut Aren organik dari Arenga Indonesia, terbuat dari nira enau (arenga pinnata), satu jenis palem-paleman yang menyukai banyak panas dan curah hujan. Tumbuh subur di gunung-gunung dan lembah. Jadi tanaman bernilai ekonomi tinggi karena hampir seluruh bagiannya bermanfaat bagi manusia. Entah pangan, herbal, maupun papan.

Gula Semut Aren Asli – Orisinalitas Indonesia

Arenga Gula semut aren

Arenga mengolah gula semut mengikuti kaidah-kaidah organis. Itu mulai dari tanaman enau sendiri sebagai bahan baku. Seperti pertanian organik yang mengandalkan bahan-bahan alami dalam sistem produksi, nira aren yang digunakan Arenga juga berasal dari perkebunan seperti itu. Contohnya  menghindari penggunaan bahan kimia sintetis  berupa pupuk kimia/pabrik, pestisida, herbisida, ZPT dan aditif pakan.

Sistem pertanian organik menghasilkan  produk pertanian (terutama pangan) yang aman bagi kesehatan produsen maupun konsumen.  Menjaga keseimbangan lingkungan juga jadi isu utama. Tanpa zat-zat kimia sintetis, tanah dan tumbuhan diatasnya hidup dengan  siklus alaminya.

Gula semut Arenga berasal dari aren yang hidup liar di pegunungan atau perkebunan rakyat yang dikelola secara alami. Tanaman dirawat seperti yang dilakukan nenek moyang kita dahulu. Secara berkala tanaman dibersihkan dengan cara membuang semak atau  tanam lain yang hidup di sekitar pohon Aren. Ini untuk  memastikan dapat sinar matahari, dan zat makanan dari tanah tidak dirampas oleh tanaman lain. Dengan cara ini selain cepat berkembang pohon aren yang terawat juga menghasilkan nira yang banyak.

Setelah siap untuk disadap niranya, getah bening manis yang keluar dari tandan bunga jantan juga diproses mengikuti prinsip organis sampai jadi gula semut.

Keistimewaan Lainnya

Keistimewaan lain dari gula semut Aren organik Arenga Indonesia adalah tentang aromanya. Harum semerbak khas gula merah alami berhamburan saat kemasan dibuka. Tentu saja ini sesuai sebagai bahan pemanis makanan maupun minuman seperti kopi susu.

Lokasi pengolahan Arenga gula semut aren organik berada di Tangerang. Bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Bandung, Cianjur, Cilacap, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa. Begitu pula ke Sumatera dan kota kota besar lain seluruh Indonesia.

Info dan kontak Arenga Indonesia, Indrawanto, WA 0819 3241 8190