Kopi Susu gula aren cair Arenga
Kopi Susu gula aren cair Arenga

Fenomena racikan kopi susu semakin semarak di Indonesia. Buka sekedar minuman kopi susu tapi yang sudah diberi sentuhan “rasa lebih” oleh para pelaku industri kuliner yang kreatif. Seperti kopi susu dan gula Aren cair, kini menjelma menjadi minuman tren, minuman ikonik, dan terlihat di berbagai gerai kopi. Dari ruko sampai ke mal.

Kopi susu yang diberi rasa manis gula aren cair, meningkatkan rasa beberapa kali lipat. Tapi tentu saja untuk mencapai itu, peracik harus melakukan beberapa uji coba. Teman kami, pemilik sebuah cafe, melakukan berkali-kali sampai menemukan komposisi yang pas sebelum menyajikan kepada pelanggan. 

Persiapan Meracik Kopi Susu Gula Aren Cair

Gula Aren Cair Arenga Original
Gula Aren Cair Arenga Original

Kopi susu gula aren cair harus  dimulai dari kopi yang baik. Kita tidak bisa menggunakan kopi bubuk sembarangan. Maksudnya tidak mungkin menggunakan kopi bubuk yang diproses sekenanya atau bahkan sudah bercampur dengan tepung jagung. Atau campuran lain yang bukan berasal dari biji.

Yang terbaik adalah menggunakan espresso. Selain espresso karakternya kental ia juga memiliki rasa yang kaya. Ditambahkan pemanis gula aren cair, gurih dari susu, dan rasa pahit dari kopi. Ketika ketiganya bercampur dengan komposisi yang pas saatnya lidah menari-nari.

Untuk yang mulai akan mencoba, jangan lupa lakukanlah berkali-kali. Pelajari menempatkan rasio antara espress, air, susu, dan gula aren cair. Air yang terlalu banyak akan membuat kopi terlalu encer. Begitu pula saat gula cair terlalu banyak, itu akan menghilangkan rasa pahit yang nikmat dari biji kopi.

Tapi tentu saja setiap racikan bisa disesuaikan selera. Kental atau encer tergantung pengalaman untuk menikmati.

Tips Membuat Kopi Susu Lebih Enak

Tips membuat kopi susu lebih enak
Tips membuat kopi susu lebih enak

Untuk mendapatkan Kopi Susu dengan tekstur lebih kental pergunakan susu yang mengandung banyak lemak. Mungkin bisa juga ditambahkan creamer.

Yang terakhir untuk kopi susu yang lezat perhatikan juga gula aren cairnya.  Pilih selalu gula aren yang beraroma enak seperti milik Arenga Indonesia ( 🙂 ). Apa lagi jika faktor kesehatan turut menjadi variable. Tak sekedar enak tapi juga sehat. Yah mau tak mau gula aren cair organik lah yang akan jadi pilihan.

Gula arena cair Arenga karakternya tidak terlalu kental tapi juga tidak terlalu encer. Aromanya juga enak karena terbuat dari nira aren bermutu.  Pas  banget lah untuk diracik sebagai pemanis kopi susu. Rasa karamel dari gula masak menambah rasa medok, rasa tegas, rasa yang diinginkan semua penikmat kopi susu.

Kopi susu rasa samar-samar itu sungguh tak enak. Itu seperti cinta yang tak bisa dibawa kemana-mana 🙂