Gula aren cair pandan
Gula Aren Cair Pandan dengan label hijau

GULAARENORGANIK.com – Setelah kakaknya berkibar cukup baik di pasar, Arenga Indonesia palm sugar kembali mengeluarkan viarian baru dari gula aren cair ori: Disebut gula aren cair pandan.

Gula aren telah menjadi pilihan populer bagi pecinta kuliner yang menginginkan manis alami dengan sentuhan aroma pandan yang khas. Terbuat dari ekstraksi sari nira pohon aren yang tumbuh subur di Indonesia, ARENGA menawarkan alternatif manis yang lebih sehat daripada gula putih sintetis.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang Arenga pandan dan bagaimana perbedaan versi pandan dapat dikenali melalui label warna hijau yang terinspirasi dari daun pandan asli.

Keunikan Gula Aren Cair Pandan

Gula aren cair pandan tidak hanya memberikan manis alami, tetapi juga keunikan dalam aroma yang dihasilkan dari penggunaan daun pandan asli. Daun pandan telah lama digunakan dalam masakan tradisional Indonesia untuk memberikan aroma alami pada makanan dan minuman.

Kombinasi manis gula aren dengan aroma pandan menciptakan harmoni rasa, menjadikannya bahan ideal dalam berbagai jenis hidangan mulai dari minuman dingin hingga kue-kue lezat.

Pandan dan Semerbak Wangi Bunga Rampai

Semerbak daun pandan asli untuk gula aren cair pandan
Semerbak daun pandan asli

Tanaman perdu yang hidup sepanjang tahun ini terkenal sebagai salah satu bumbu penyedap masakan di Asia Tenggara. Kalau diremas atau diiris, daunnya mengeluarkan aroma semerbak, membuat otak kita membayangkan makanan lezat.

Bahkan zaman dahulu kala, ketika nenek dan ibu kita masih suka menggunakan bunga rampai, irisan daun pandan wangi muda merupakan komponen penunjang. Daun pandan diiris tipis-tipis dan dicampur dengan bunga melati, mawar, cempaka dan kenanga.

Bunga rampai diselipkan disanggul agar rambut jadi harum. Atau diletakan diantara lipatan pakaian dalam lemari. Nenek Mamin Arenga tak pernah lupa meletakan bunga rampai dalam lipatan mukenanya.

Perbedaan Gula Aren Cair Pandan Asli

Gula aren cair pandan by Diva
Yang label hijau, gula aren cair pandan by Diva

Untuk membedakan antara gula aren cair pandan asli dari versi lainnya, ARENGA telah menggunakan label warna hijau yang terinspirasi langsung dari daun pandan asli. Ini adalah langkah yang perlu diambil untuk membantu konsumen mengenali produk yang mereka cari.

Warna hijau pada label juga mencerminkan keaslian dan kealamian produk, mengingat daun pandan adalah sumber inspirasi utama untuk aroma dan warna sirup gula merah versi pandan ini.

Sekali lagi, produk aren cair by Diva Maju Bersama menggunakan daun pandan asli. Memang banyak perasa pandan sintetis yang aromanya jauh lebih nendang dari pada daun pandan asli. Namun komitmen mempertahankan gula aren cair organik, tidak memungkinkan kami menggunakannya.

Kelebihan menggunakan daun pandan wangi asli adalah, produk tak tercemar bahan kimia sintetis. Kelemahannya, aromanya tidak “senendang” bila menggunakan perisa pandan bikinan pabrik.

Manfaat Gula Aren Cair Pandan

Selain rasa dan aromanya yang lezat, gula aren pandan juga memiliki manfaat kesehatan yang layak dipertimbangkan. Dibandingkan dengan gula putih yang terlalu diproses, gula aren cair lebih rendah indeks glikemiknya dan mengandung beberapa nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan kalium.

Ini membuatnya menjadi alternatif yang lebih baik bagi mereka yang peduli akan kesehatan dan ingin menjaga asupan gula dalam batas yang wajar.

Pertimbangan untuk Sobat Arenga

Gula aren cair pandan adalah pilihan manis alami yang menarik bagi pecinta kuliner. Dengan label warna hijau yang terinspirasi dari daun pandan asli, produk ini dengan mudah dapat dibedakan dari versi ORI.

Kombinasi antara manis alami gula aren dan aroma pandan menciptakan pengalaman kuliner yang unik dan memuaskan. Selain rasanya yang lezat, gula aren versi label hijau ini juga menawarkan manfaat kesehatan yang tidak dapat diabaikan.

Jadi, tak heran jika produk ini semakin populer di kalangan masyarakat yang peduli akan rasa dan kesehatan.

Manfaat Daun Pandan

Arenga Indonesia gula aren cair menggunakan pandan asli
Pandan Wangi – Pandanus Amaryllifolius Roxb

Tidak sulit menemukan pandan wangi di sekitar kita. Tanaman tropis ini bisa tumbuh di kebun belakang rumah, bahkan di halaman dengan pot. Yang penting tempatnya lembab seperti tepi sawah, tepi sungai atau di tepi rawa, pandan bisa tumbuh dengan subur.

Selain zat warna hijau, pandan wanngi memiliki kimia yang bermanfaat dalam kesehatan. Ada alkaloida, saponin, flavonoid, tanis, dan polifenol di dalamnya.

Itu lah mengapa daun pandan segar sering digunakan untuk pengobatan. Nenek moyang kita menggunakan untuk mengatasi lemah saraf, pegal linu, rambut rontok, menghitamkan rambut, ketombe, dan bahkan untuk mengatasi kegelisahan jiwa. Ya memang daun pandan bersifat menenangkan.

Cara pemakaian daun pandan pun mudah. Cukup gunakan 4-5 lembar, diiris-iris, lalu direbus.

Resep Daun Pandan Mengatasi Kegelisahan

Resep daun pandan mengatasi kegelisahan
Resep daun pandan mengatasi kegelisahan

Cuci bersih 2 lembar daun pandan segar. Iris tipis-tipis. Didihkan satu gelas air, masukan irisan daun pandan. Saring. Tambahkan satu sendok teh Gula Aren Cair Pandan by Diva. Gak usah terlalu manis, cukup manis jambu saja.

Minum 2-3 sehari atau sampai rasa gelisahnya hilang.

Arenga Indonesia, 0819 32418190