Kopi Palm Sugar: Manfaat Kesehatan dan Cara Membuat Gula Aren dari Nira Pohon Enau (Arenga Pinnata)

Kopi palm sugar, atau yang dikenal juga dengan kopi gula aren, adalah minuman yang menggunakan gula aren sebagai pemanis alami.

Gula aren yang digunakan berasal dari nira pohon enau (arenga pinnata) yang banyak tumbuh tumbuh di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Minuman ini semakin populer belakangan ini karena selain rasanya yang enak, penggunaan gula aren sebagai pemanis juga diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan.

Proses Pembuatan Palm Sugar dari Nira Aren

Proses pembuatan gula aren untuk memaniskan kopi ini cukup sederhana.

Pertama, nira dipanen dari pohon enau dengan cara memotong bagian bawah bunga pohon. Nira kemudian diambil dan dimasak dalam wajan besar hingga airnya menguap dan tersisa endapan padat berwarna coklat kehitaman. Atau dalam bentuk cair dan bubuk yang disebut gula semut.

Baca juga:

Cara Membuat Kopi Tubruk Palm Sugar

Kopi tubruk palm sugar
Kopi Tubruk

Untuk kopi tubruk, cara membuatnya dengan pemanis palm sugar juga sederhana. Rebus air sampai mendidih, masukan 2 sendok teh kopi ke dalam gelas, siram dengan air panas agar kafein dalam kopi menyerap ke dalam air. Endapkan sebentar, aduk. Terakhir tambahkan palm sugar bubuk seperti milik Arenga Indonesia.

Fungsi Palm Sugar

Selain memberikan rasa manis yang alami dan lezat, gula aren juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Dibanding saudaranya gula putih. Gula aren mengandung lebih banyak nutrisi. Ada vitamin B kompleks, kalsium, dan fosfor.

Kopi manis tuh emang enak tapi bukan tanpa resiko. Nah ancaman resiko kebanyakan minum kopi manis adalah penyakit diabetes melitus.

Karena indeks glikemik lebih rendah dari gula putih, tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Jadi kalau dikonsumsi penderita diabetes secara moderat, maksudnya sedikit, alias tak berlebihan,kopi manisnya relatif aman lah dengan palm Sugar. Tapi pastikan yang organik ya.

Selain itu, gula aren juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menjaga kesehatan kulit.

Kopi yang Dipakai

Sementara itu, kopi yang digunakan dalam membuat racikan kopi palm sugar dapat bervariasi dari kopi robusta, arabika, hingga kopi spesial lainnya.

Namun dari pengalaman sebagai pencicip kopi dan cerita barista, untuk mendapatkan rasa optimal, kopi yang digunakan harus memiliki cita rasa kuat dan cukup tajam. Kebanyakan gerai kopi yang menjual kopi susu gula aren lainnya, menggunakan kopi robusta. Seperti kita tahu rasa dari jenis kopi robusta cukup kuat dan aroma wangi semerbak.

Selain kopi tubruk, banyak jenis racikan lain yang dapat disajikan dengan berbagai variasi. Diantaranya es kopi palm sugar, kopi latte , atau kopi susu palm sugar. Apapun racikannya, minuman ini dapat dinikmati panas atau dingin. Tergantung selera Sobat Arenga aja!

Arenga Indonesia, produsen gula aren di Tangerang. Kontak by WA Chats 0819 3241 8190