Liquid Palm Sugar Pandan
Khasiat Pandan dalam Gula Merah Cair

Daun Pandan Khasiat Manfaat dan Resep Minuman Herbal. Bagi ARENGA daun pandan punya tempat istimewa. Tumbuhan yang memiliki aroma wangi ini digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk gula cair. Namanya Liquid Palm Sugar Pandan. Botolnya label hijau, mengikuti warna daun pandan.

Dengan kata lain gula aren cair ARENGA Pandan menggunakan daun pandan asli, bukan flavor bikinan pabrik. Bahkan kami merasa perlu menanam sendiri. Sering digunakan untuk memasak nasi, bikin kolak atau cemilan dan terkadang sebagai bala bantuan jika tiba-tiba pasar kehabisan stock. Jadi tinggal metik di halaman rumah. Mereka juga sering diminta tetangga yang mau bikin kolak atau anakannya untuk ditanam sendiri dalam pot.

Manfaat Daun Pandan

Begitu lah tanaman Pandan memang populer dalam berbagai hidangan, tak hanya di Indonesia juga di Asia Tenggara. Begitu pun penggunaan daun pandan,  tidak terbatas penyedap makanan saja.  Manfaat herbal dari daun pandan sudah lama digunakan bangsa Indonesia. Masuk ke dalam komposisi untuk mengobati maupun merawat kesehatan.

Itu berkat kandungan tanin, glikosida dan alkaloid, yang sudah terbukti efektif menjaga kesehatan.

Masih banyak manfaat Daun Pandan lainnya. Zat yang terkandung di dalamnya dapat membantu penyembuhan luka dan penyakit cacar air. Pandan juga bisa digunakan sebagai pereda nyeri seperti sakit kepala, nyeri dada, arthritis, sakit telinga dan menurunkan demam.

Dengan mengunyah daunnya, pandan bisa menyegarkan nafas dan mengurangi resiko gusi berdarah.

Setiap helai daun pandan juga efektif dalam mengurangi kram dan kejang perut. Dulu sewaktu remaja ibu sering membuatkan rebusan daun pandan plus gula aren kala saya sakit perut saat haid. Memang tak langsung hilang sakitnya. Namun aroma dan khasiatnya yang menenangkan itu membuat kram di perut lebih mudah dihadapi. Lewat cara yang sama, banyak juga orang menggunakan daun pandan untuk obat batuk.

Daun Pandan Khasiat Manfaat dan Resep Minuman Herbal

Berikut Ringkasan Manfaat Daun Pandan:

Meredakan sakit kepala dan arthritis.
Mengurangi demam.
Merawat kusta, luka dan cacar.
Sebagai pencahar untuk anak-anak
Memperkuat gusi dan mengurangi kejang perut.
Membantu mempercepat pemulihan wanita yang baru melahirkan.

Menanam Daun Pandan

Khasiat daun pandan
Daun Pandan

Pandan termasuk jenis tumbuhan tahan banting. Ia mudah berkembang biak dan tidak pernah rewel. Ditaruh sekedarnya saja di tanah, asalkan cukup air dan sinar matahari mereka akan tumbuh dengan sendirinya.

Memperbanyak tumbuhan pandan juga tidak sulit. Pisahkan saja sebatang anaknya dan tanam di pot atau tanah. Tak lama kemudian kita sudah bisa berbagi dengan tetangga.

Ingin Membuat Minuman Herbal Daun Pandan?

Ini resepnya.

Bahan:

4 lembar daun pandan, dililitkan jadi satu.
5 butir kapulaga
1 ruas jari jahe
2 sendok makan ARENGA palm sugar atau gula aren secukupnya.

Cara Membuat :

Panaskan 3 gelas air. Setelah mendidih, kecuali palm sugar, masukan semua bahan. Rebus dengan api sedang selama 10 menit. Angkat dan tambahkan palm sugar sesuai selera.

Ada yang ingin membuktikan  Daun Pandan Khasiat Manfaat dan Resep Minuman Herbal? Monggo dicoba 🙂

@eviindrawanto
Yang bekerja lebih baik akan jadi yang terbaik