Kita sering mendengar tentang penyakit anemia. Tapi apa sesungguhnya penyakit anemia itu? Anemia adalah suatu gejala penyakit yang ditandai oleh kurangnya sel darah merah. Dengan kata lain kandungan hemoglobin ( Hb) di dalam tubuh jauh berkurang dari yang seharus.Sementara ituย  HB atau sel darah merah yang diproduksi dalam sumsum tulang belakang ini membutuhkan pasokan vitamin dan mineralย  seperti vitamin B1 B12 dan besi. Jika kekurangan maka produksi sel darah merah akan terhambat. Gejala itu lah yang disebut anemia.
4 Resep Herbal Untuk Mengobati Anemia
Madu hutan salah satu bahan mengatasi anemia

Penyebab dan Gejala Anemia

Penderita anemia datang dari berbagai kalangan. Lelaki- perempuan,ย  tua – muda dan bahkan anak-anak. Banyak sebab mengapa seseorang menderita anemia. Ada yang karena faktor stres, ganguan genetik atau gangguan kesehatan. Anemia banyak juga diderita oleh wanita yang berkaitan dengan siklus haid setiap bulannya.
Seorang penderita anemia akan mengalami beberapa gejala berikut :
  1. Selalu merasa letih, lesu, muka dan bawah mata terlihat pucat.
  2. Sering mengalami sakit kepala.
  3. Bila bangkit dari jongkok mata akan berkunang-kunang.
  4. Selalu diliputi perasaan malas untuk bekerja.
  5. Tidak nafsu makan.
  6. Merasa cepat lelah. Bahkan tungkai kaki cepat pegal saat dibawa berjalan.
  7. Bahkan penderita anemia akut mudah pingsan.
Sebetulnya tidak sulit mengobati penyakit anemia ini. Yang kita butuhkan adalah ketelatenan. Tidak harus pula menggunakan obat-obat yang diresepkan dokter. Dengan ramuan herbal pun sudah bisa mengatasi penyakit kekurangan sel darah merah ini.

Apa lagi Nusantara telah lama mengenal herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Dimulai dari masuknya pengaruh agama Hindu dan Buddha dari India. Kemudian disusul oleh kedatangan Islam dan Kristen oleh para pedagang Gujarat dan Belanda lewat penjajahan bangsa Eropa. Mereka membawa masuk pengetahuan mengenai penyakit dan cara mengobatinya. Pada akhirnya memperkaya khasanah herbal Nusantara.

Jadi bagaimana mengatasi anemia dengan herbal atau ramuan obat tradisional? Ikut resep di bawah ini :

1. Resep Herbal Bayam Berduri Mengobati Anemia.

Bahan-bahan: Segenggam daun bayam Duri, 1 butir telur ayam kampung, satu sendok madu ARENGA.
Cara membuat ramuan:

Cuci bersih Segenggam daun bayam berduri lalu giling sampai halus. Masukkan ke dalam mangkuk dan ruang setengah gelas air matang lalu diperas dan disaring. Setelah itu masukkan satu butir kuning telur yang di sudah dikocok dan satu sendok makan madu ARENGA.

Aduk sampai merata. Minum 2 gelas sehari dengan dosis satu gelas setiap kali minum. Sisanya bisa disimpan kedalam kulkas.

anakan pisang untuk mengobati anemia
Anakan pisang kepok. Tapi jangan yang sebesar ini ya. Cukup yang baru panjangnya sekitar sejengkal sajaย 

2. Anakan Pisang Kepok

Bahan herbal ini pun tak sulit dicari. Karena pohon pisang mudah tumbuh di kebun maupun pekarangan rumah. Nenek moyang kita ternyata telah lama memanfaatkannya untuk mengobati kurang darah.
Bahan-bahan:
Satu batang anakan pohon pisang kepok dan garam.
Cara Membuat:
Anakan pisang kepok yang baru setinggi sekitar sejengkal dipotong. Parut setelah dicuci bersih. Bubuhi satu sendok makan garam dan air secukupnya. Peras dan disaring airnya. Minum sebanyak 2 kali sehari dengan dosis 3 sendok makan untuk sekali minum.
Daun Kacang Panjang untuk Mengobati anemia
Daun Kacang Panjang untuk Mengobati anemia

3. Daun Kacang Panjang

Selain enak dilalap sebagai sayur, daun kacang panjang bisa juga dijadikan sebagai resep herbal mengobati anemia.

Bahan-bahan:
Sediakan setengah genggam daun kacang panjang.

Cara Membuat:

Setelah dicuci bersih asap kan Segenggam daun kacang panjang sampai layu. Digunakan sebagai lalat saat makan siang maupun makan malam.

4. Ramuan herbal tapak liman untuk mengobati penyakit anemia

Bahan-bahan: Setengah genggam akar tapak liman, 1 sendok makan madu ARENGA. Dan 2 sendok teh air perasan jeruk nipis.

Cara membuat:

Cuci bersih akar tapak liman lalu giling sampai halus. Tuangkan satu sendok makan madu dan 2 sendok teh air perasan jeruk nipis ke dalam gilingan akar tapak liman. Beras dan saring airnya. Minum dua kali sehari dengan dosis 3 sendok makan.

Selamat mencoba. Salam sehat Indonesia