Arenga Indonesia Stories

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat asam jawa (tamarindus indica) untuk menjaga kesehatan. Sejak lama buahnya sudah digunakan sebagai antiseptik, menghilangkan mualmenambah nafsu makan sampai menghilangkan rasa sakit. Tak cukup sampai di sana, tangkal asam (Sunda) ini juga digunakan mengomati sariawan, menurunkan kolesterol, kencing manis dan melancarkan haid

Manfaat Asam Jawa Dalam Makanan

Manfaat asam jawa dalam makanan

Asam jawa saat mentah daging buahnya berwarna putih kehijauan. Sering kita temukan dalam racikan sayur asam. Tamarindus Indica ini saat bercampur dengan rempah lain, termasuk terasi, menimbulkan sensasi segar tak terkira.

Sementara buah asam jawa yang sudah masak dapat dimanfaatkan untuk membuat sirup, manisan dan agar-agar. Sudah jadi kebiasaan bagi masyarakat Jawa membuat ramuan kunyit asam, minuman kesehatan yang terbuat dari kunyit dan gula aren. Selain melancarkan pencernaan juga untuk menghaluskan kulit.

Baca di sini tentang Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Tak hanya di Indonesia, asam jawa digunakan tak kurang dari 23 negara,. Negara-negara Timur Tengah juga biasa memanfaatkan buah mengandung vitamin B3 ini untuk menjaga stamina.

Ramuan dan Resep Daun Asam Jawa Penurun Kolesterol

Ramuan daun asam jawa penurun kolesterol

Para peracik jamu sudah lama menggunakan daun asam jawa sebagai ramuan penurun kolesterol. Itu karena kandungan saponin, flavonoid, dan tanin yang terdapat di dalamnya.

Pernah dilakukan uji pada hewan percobaan, ekstrak asam jawa selain menurunkan kolesterol juga mengurangi tekanan darah.

Sekalipun kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh dalam jumlah tertentu, sebagai pembungkus jaringan syaraf, tapi jika berlebih tentu tidak baik. Kolesterol ini lah penyebab aterosklerosis, pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah.

Baca juga Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Sangat berbahaya jika terjadi di jantung otak dan ginjal. Seluruh pembuluh darah coroner akan jadi sempit, otomatis aliran darah akan terhambat. Bila saluran semakin sempit bukan tak mungkin nanti pecah. Akibat pembuluh darah pecah sudah kita ketahui semuanya.

Jadi usahakan selalu mengkonsumsi makanan sehat, berolah raga dan kurangi beban stress. Sering-sering minum ramuan daun asam jawa, mengurangi makanan mengandung kolesterpl tinggi akan membantu menjaga kondisi tubuh prima.

Berikut resep manfaat asam jawa penurun kolesterol.

Resep Asam Jawa Penurun Kolesterol

Ambil sebanyak 100-175 gram daun asam jawa (tamarindus indica). Tumbuk bersama satu gelas air panas. Peras dan saring. Langsung diminum. Dilakukan dua kali sehari

Manfaat Asam Jawa dan Gula Aren

Kunyit Asam

Dalam ramuan minuman kesehatan, manfaat asam Jawa untuk kesehatan diperkuat gula aren. Dua sejoli yang saling melengkapi. Berikut dua resep bermanfaat untuk melancarkan haid dan mengobati jerawat.

Resep Kunir Asam Pelancar Haid

Bahan:

Cara Membuat:

Kupas kunyit, cuci dan parut. Masukan ke dalam gelas asam jawa bersama kunyit. Tambahkan Arenga Gula Aren bubuk. Tuang air mendidih sebanyak 3/4 gelas. Tutup rapat. Saring setelah dingin dan minum satu kali saat saat dan sesudah haid.

Resep Obat Jerawat Asam Jawa

Bahan

Cara Membuat

Kupas umbi temulawak, cuci dan iris tipis. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air sampai tersisa 4 gelas. Dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari sebanyak 1/5 gelas makan. Lakukan rutin selama 2 minggu.

Butuh gula aren bubuk dan cair? Kontak Arenga Indonesia 0819 3241 8190

Exit mobile version