Arenga Indonesia Stories

Resep dan Manfaat Beras Kencur

Resep dan Manfaat Beras Kencur

Resep dan Manfaat Beras Kencur – Virus corona sedang merebak. Ketakutan terjangkit Covid-19 nyata dan serius. Banyak cara yang bisa dilakukan agar kita dan lingkungan tidak terjangkiti. Hidup secara sehat. Terutama hidup sehat berdasarkan kebiasaan sehari-hari. Salah satunya adalah berolah raga, menjaga asupan gizi seimbang termasuk mengkonsumsi minuman tradisional yang terbuat dari rempah-rempah segar. Beras kencur salah satunya.

Baca Juga: Teh Bunga Mawar, Manfaat dan Cara Membuat

Berbagai Kegunaan Tumbuhan Herbal Dalam Manfaat dan Resep Beras Kencur

Berbagai Kegunaan Tumbuhan Herbal Dalam Manfaat dan Resep Beras Kencur

Resep dan manfaat beras kencur dalam tulisan ini tak bermaksud menggurui. Semata-mata berbagi pengalaman dengan memanfaatkan pemanis gula aren organik bersama rimpang jahe, kencur, kunyit, asam jawa, dan bunga cengkeh.

Rimpang Jahe Segar sudah dimanfaatkan di Cina sejak 2500 tahun lalu. Rasa dan aromanya yang kuat sering dimanfaatkan untuk memperlancar ASI, mengobati batuk, membangkitkan nafsu makan, mengurangi rasa mules, mengurangi sakit kepala, dan masih banyak lagi.

Asam Jawa. Tanaman asli Afrika ini memiliki aneka kandungan kimia seperti asam appel, asam anggur, Vitamin B1, dan Vitamin C. Asam Jawa berguna sebagai penghilang rasa sakit, penurun panas, penurun kolesterol, dan melancarkan sekresi empedu.

Rimpang Kunyit sudah lama dikenal mengandung senyawa berkhasiat obat (kurkuminoid). Ramuan jamu di Jawa tak pernah ketinggalan menggunakan rimpang kunyit karena efek menyejukan yang ditimbulkannya. Begitu pula dengan fungsi membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal dan menyembuhkan kesemutan.

Rimpang Kencur mengandung pati, mineral, dan minyak atsiri. Efek farmakologinya adalah menghilangkan radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, diare, pegal-pegal dan melancarkan haid.

Cara Membuat Beras Kencur

Dengan bermanfaat bahan rempah yang digunakan seperti di atas, beras kencur sejatinya sering bermanfaat untuk menghilangkan pegal-pegal pada otot dan persendian.

Bahan

Cara Membuat

Selamat menikmati.

Kontak Arenga Indonesia, WA 0819 3241 8190

Exit mobile version