Arenga Indonesia Stories

Resep Som Tam Salad Ala Thailand

Som Tam yang terbuat dari mangga dan pepaya muda

Selera lidah orang Thailand hampir sama dengan Indonesia. Gemar memasak menggunakan aneka rempah tropis, dengan rasa dasar seperti pedas, asam,asin dan manis. Tak heran bumbu yang digunaka dalam hidangan Thailand hampir semuanya tersedia di Indonesia. Seperti Som Tam Salad dengan bahan baku seperti pepaya dan mangga muda, bisa ditemukan di pasar mana pun di sekitar tempat tinggal kita.

Som Tam salad ala Thailand, atau salad pepaya hijau ini rupanya paling banyak dikonsumsi di Thailand. Karena variasinya sangat banyak, kuliner Thailand juga sudah tersesebar secara internasional, kemungkinan salad rasa asam ini juga sudah dicicipi hampir di seluruh dunia.

Baca Juga: Resep Alami Pelangsing Tubuh

Seperti kebanyakan semua masakan Asia, Som Tam Salad menggunakan lima rasa dasar dari lidah kita : asam (jeruk nipis dan mangga muda), pahit (pepaya hijau), manis (gula aren), pedas (cabai merah) dan asin (garam). Kunci rasa terletak pada penggabungan kelima rasa secara harmonis.

Sejarah Pepaya Masuk Thailand

Menurut sejarahnya pepaya dibawa ke Thailand dari
Benua Amerika pada akhir 1700-an. Sekarang sudah jadi bagian penting dari diet masyarakat lokal. Hampir tidak mungkin membayangkan budaya makanan Thailand tanpa kesegaran dan keharuman som tam di dadalamnya.

Baca juga: Gula Aren Cair Pandan

Alih-alih menggunakan varietas jeruk matang, mereka menggunakan jeruk nipis yang tajam rasanya. Salad sendiri menggunakan bahan baku
mangga muda, pepaya hijau yang masih mentah. Sengaja dipilih yang masih segar dengan daging buah garing seperti mentimun.

Baca juga: Resep Beras Kencur

Proses pembuatannya tidak terlalu sulit. Pepaya dan mangga muda dikupas dan diserut dagingnya. Ditambah lagi dengan segenggam sayuran seperti wortel. Setelah itu baru dicampurkan dengan bumbu yang ditumbuk dengan krok, lumpangnya orang Thailand

Bahan Som Tam Salad Ala Thailand

Berikut bahan dan resep Som Tam Salad ala Thailand:

3 siung bawang putih kecil, kupas
1 sendok teh cabai bubuk kering. Atau cabe kering biasa boleh ditumbuk atau potong sepanjang kurang lebih 2,5 cm.
2 sendok makan gula aren organik
1 sendok teh udang kering, dibilas
1 ikat ( 6 buah) kacang panjang, potong-potong 2,5 cm
1 sendok makan air jeruk nipis segar
1 sendok makan kecap ikan
a mangga hijau kecil dan 1 pepaya kecil. Kupas dan diparut ( sampai dapat 1½ )
6 tomat ceri, belah dua
1 sendok makan kacang tanah, sangrai dan dicincang.

Cara Membuat

  1. Masukan bawang putih dan cabai, ke dalam lesung. Giling sampai terbentuk pasta.
  2. Tambahkan udang kering dan tumbuk sampai halus. Tambahkan kacang panjang, tekan-tekan (dipenyet atau dibejek) dengan alu, lalu tambahkan air jeruk nipis.
  3. Tambahkan Arenga Indonesia Sugar by Diva.
  4. Tambahkan mangga parut dan pepaya parut dan tumbuk sedikit ke dalam bahan saus. Dengan menggunakan dua garpu aduk semua bahan-bahan sampai tercampur.
  5. Masukan tomat dan kacang, aduk lagi sampai tercampur semua bumbu.
  6. Pindahkan Som Tam Salad ke mangkuk saji dangkal dan sajikan segera.

Cara Menikmati Resep Som Tam Salad

Ciri utama dari Som tam salad adalah pedas dan asam. Orang Thailand menikmatinya sebagai camilan atau dimakan bersama ketan atau mie.

Kalau teman-teman traveling di Bangkok, Ketika memesan salah satu street food mereka, kita boleh memesan apakah saladnya langsung ditaruh di atas makanan sebagai topping atau minta dipisah. Karena Mamin senang banget rasa asam, tiap pesan mie di sana pasti minta salad langsung ditaruh sebagai topping.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren organik bubuk dan cair. Partai besar dan kecil. WA 0819 3241 8190

Exit mobile version