Arenga Indonesia Stories

Proyek Gula Aren Organik

Proyek gula aren organik

Perajin gula aren yang sedang menanda tangani keikutsertaa dalam proyek gula aren organik

Permintaan akan produk organik  terus saja meningkat. Bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Alasannya karena produk organik dapat membantu melestarikan
lingkungan. Baik melalui penggunaan lahan yang kurang intensif,  mempromosikan pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan melalui  penekanannya pada sumber daya pertanian dan pertanian campuran. Selain itu, jaminan produksi organik tingkat  kontaminan residu minimum, dan mudah ketertelusuran.

Baca di sini tentang : Gula Semut Aren Organik

Dengan berbagai keuntungan tersebut kepercayaan konsumen melalui produk yang diberi label organik diharap kian meningkat.

Jadi bapak dalam foto di atas tidak sedang menanda tangani surat ikut pemilihan kepala daerah. Beliau menanda tangani form yang menyatakan keikutsertaan dalam proyek gula aren organik di bawah koordinasi Arenga Indonesia.

Perajin dan Sistem Pencatatan Dalam Proyek Gula Aren Organik

Terus terang mengenalkan kertas dan pulpen kepada ujung tombak produsen gula aren ini butuh sedikit perjuangan. Sehari-hari mereka sudah lelah bergelut dengan produksi. Mulai dari memanjat untuk menaik turunkan penampungan nira. Menguapkannya sampai jadi gula semut yang butuh waktu berjam-jam. Dan hambatan paling besar adalah belum terbiasa menggunakan dokumentasi tertulis setiap hari. Kalu pun ada paling-paling ditulis di dinding atau tiang saung dengan arang.

Baca di sini tentang : Rambusa Pengawet Nira Aren

Jadi tak bisa hanya mengatakan bahwa itu salah satu syarat dalam proyek organik. Bahwa badan yang akan mengaudit mempunyai tanggung jawab melindungi konsumen melalui dokumen-dokumen tercatat. Jika terjadi sesuatu mudah dilacak dimana kesalahan terjadi.

Arenga Indonesia melakukan sejumlah pendekatan dan terus menerus memberi pengertian. Bahwa dalam proyek organik, kemudahan dalam ketelusuran adalah syarat yg tidak bisa ditawar-tawar. Hal itu harus ditunjang oleh sistem dokumentasi tercatat.

Alhamdulillah walau awalnya terjadi gontok-gontokan keras dalam hal persepsi, penerimaan dan penolakan datang silih berganti, akhirnya semua sepakat untuk mencatat hal produksi setiap hari dalam sebuah buku catatan sederhana. Mereka mulai mengerti bahwa dalam proyek gula aren organik ini sedikit pola pikir perlu beringsut.

Kontak Arenga Indonesia. WA 0819 3241 8190

Arenga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

Exit mobile version