empon-empon gula aren
Gula aren dalam ramuan empon-empon selain menambah nikmat juga memperkuat khasiat

Empon-empon atau kadang disebut juga sebagai rempah-rempah adalah kelompok bahan makanan yang berasal dari akar, umbi, dan rimpang tanaman. Mereka terkenal sebagai bumbu dapur sekaligus berkhasiat juga sebagai herbal. Empon-empon gula aren naik daun semasa pandemi covid-19 kemarin karena banyak digunakan sebagai ramuan untuk memperkuat imunitas tubuh.

Beberapa bahan sebagai empon-empon itu adalah jahe, kunyit, lengkuas, kencur, temulawak, daun pandan, daun serai dan masih banyak lagi.

Empan-Empon Sebagai Bumbu Masak

Empon-empon digunakan sebagai bumbu masakan karena memiliki aroma wangi dan rasa yang khas. Selain menyedap mamakanan aneka rimpang dan daun juga memberi manfaat kesehatan.

Aneka rimpang rempah ini berfungsi sebagai penyadap masakan di Indonesia maupun Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei dan Thailand.

Baca juga:

8 Contoh Masakan di Asia Tenggara yang tak bisa lepas dari Empon-empon

  • Sate: Sate ayam atau sate kambing yang dibumbui dengan campuran jahe, kunyit, dan bawang putih.
  • Rendang: Masakan daging yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan lengkuas. Rendang diberi pemanis gula aren berpadu enak dengan empon-empon.
  • Tom Yum: Sup pedas khas Thailand yang dibumbui dengan campuran jahe, serai, dan daun jeruk.
  • Laksa: Mie kuah khas Malaysia yang dibumbui dengan campuran rempah seperti lengkuas, kunyit, dan kencur.
  • Ayam Goreng Kalasan: Ayam goreng khas Yogyakarta yang dibumbui dengan campuran bawang putih, merica, dan kunyit.
  • Nasi Lemak: Nasi khas Malaysia yang dibumbui dengan campuran rempah seperti daun pandan, serai, dan kunyit.
  • Bubur Sumsum: Bubur khas Indonesia yang dibuat dari tepung ketan dan dimasak dengan campuran jahe, gula merah, dan santan.
  • Bakso kuah: Sup daging yang dibumbui dengan campuran rempah seperti bawang putih, merica, dan ketumbar.
  • Nasi Kuning: Nasi kuning khas Indonesia yang dibumbui dengan campuran bawang putih, kunyit, dan daun salam.

Empon-Empon Gula Aren Sebagai Herbal

empon-empon gula aren
Gula aren untuk empon-empon

Di Indonesia, khususnya di Jawa, empon-empon banyak digunakan untuk membuat jamu.

Itu tak lepas dari kandungan aktif yang terdapat dalam empon-empon. Manfaat kesehatannya sudah dibukatikan nenek moyang kita sejak ratusan tahun lalu.

Empon-empon sering digunakan sebagai bahan dalam ramuan herbal tradisional yang diberi pemanis gula aren. Pemanis berasal dari nira enau ini selain memberikan rasa manis pada jamu, sehingga lebih enak untuk diminum juga manfaat kesehatannya

Berikut beberapa jenis empon-empon yang umum digunakan dalam ramuan herbal.

7 Macam Empon-Empon dan Gula Aren Dalam Ramuan Herbal

Jamu beras kencur, salah satu ramuan terkenal menggunakan empon-empon
  • Jahe: Jahe digunakan dalam ramuan untuk mengatasi masalah pencernaan, mual, muntah, dan flu. Jahe juga dikenal sebagai anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  • Kunyit: Kunyit digunakan sebagai bahan dalam ramuan herbal untuk membantu meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan. Kunyit juga dikenal sebagai antioksidan dan dapat membantu mencegah kerusakan sel.
  • Lengkuas: Lengkuas digunakan dalam ramuan untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti mual dan sakit perut. Lengkuas juga dikenal sebagai antioksidan dan dapat membantu meningkatkan fungsi hati.
  • Kencur: Kencur digunakan dalam ramuan untuk mengatasi masalah pencernaan dan membantu meredakan sakit kepala. Kencur juga dikenal sebagai anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  • Temulawak: Temulawak digunakan sebagai bahan dalam ramuan untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan nafsu makan. Temulawak juga dikenal sebagai anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  • Daun pandan: Daun pandan digunakan dalam ramuan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan dan menenangkan pikiran. Daun pandan juga dikenal sebagai antioksidan dan dapat membantu mencegah kerusakan sel.
  • Serai: Serai digunakan dalam ramuan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan nafsu makan. Serai juga dikenal sebagai anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Jadi empon-empon gula aren ini tergantung pada penggunaannya. Bisa berfungsi sebagai bumbu masak bisa juga sebagai herbal.

Arenga Indonesia, produsen gula aren cair dan gula semut. Dari Tangerang ke seluruh Indonesia