kolak kolang-kaling
Kolak Campur Sari

Kolak kolang-kaling campur labu kuning merupakan  hidangan tradisional Indonesia yang enak dinikmati kapan saja. Terbuat dari isi buah aren muda (kolang-kaling) dicampur potongan labu kuning lalu dimasak dengan santan, Arenga gula aren organik, daun pandan, dan beberapa bahan lainnya.

Membuat kolak legit ini sebetulnya gak sengaja. Dalam kulkas kebetulan ada kolang-kaling yang dibawakan mitra Arenga dari kampung dari desanya.Terus sehari sebelumnya beli labu kuning untuk membuat sayur bening dan masih ada sisa sedikit.

Kolak Kolang-Kaling Labu Kuning Campur Sari

Karena enak dinikmati kapan pun, walau sedang bukan bulan Ramadan, saya putuskan untuk dibuat kolak saja. Kebetulan juga punya kelapa muda. Maka jadi lah kolak campur sari : kolang-kaling, labu kuning dan kelapa muda.

Baca juga:

Untuk membuat kolak saya menggunakan bahan :

1/4 buah labu kuning – kupas, potong  kotak
1/2 kg kolang-kaling
1 buah kelapa muda – keluarkan airnya kerok, sisihkan
1 gelas susu cair tawar rasa vanila
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh vanili
200 gram arenga palm sugar (gula semut aren).

Cara membuat :

Didihkan dua 3 gelas air lalu masukan kolang-kaling, tunggu 5 menit. Setelah itu susul dengan labu kuning. Berturut-turut kemudian masukan kelapa muda, daun pandan, vanilli, susu dan arenga palm sugar. Agar rasanya tambah legit tambahkan seujung sendok teh garam. Setelah mendidih kembali angkat, dinginkan baru disajikan.

Note : Karena kadar kemanisan palm sugar cuma 90 % dari gula pasir, jika kurang manis boleh tambahkan satu sendok lagi atau sesuai selera.

Penyajian

Saat disajikan, kolak kolang-kaling labu kuning memiliki warna kekuningan yang khas dan aroma yang sangat menggugah selera. Rasan manis, legit dari gula aren dan lezat membuat hidangan ini menjadi favorit di banyak acara dan perayaan. Selain di bulan Ramadan atau Hari Raya Idul Fitri, enak juga lho dijadikan pondokan di acara kenduri.

Selamat mencoba.

Arenga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners