Kopi susu gula aren cair Arenga Indonesia
Kopi Susu Gula Aren Cair

Fenomena racikan kopi susu semakin semarak di Indonesia. Bukan sekedar minuman kopi susu tapi yang sudah diberi sentuhan “rasa lebih” oleh para pelaku industri kuliner yang kreatif. Seperti kopi susu dan gula Aren cair, kini menjelma menjadi minuman tren, minuman ikonik, dan terlihat di berbagai gerai kopi. Dari ruko sampai ke mal.

Kopi susu yang diberi rasa manis gula aren cair, meningkatkan rasa beberapa kali lipat. Tapi tentu saja untuk mencapai itu, peracik harus melakukan beberapa uji coba. Teman kami, pemilik sebuah cafe, melakukan berkali-kali sampai menemukan komposisi yang pas sebelum menyajikan kepada pelanggan. 

Persiapan Meracik Kopi Susu Gula Aren Cair

Arenga Indonesia Liquid Palm Sugar - Gula aren cair Arenga Indonesia untuk Kopi susu
Arenga Indonesia Liquid Palm Sugar – Gula aren cair Arenga Indonesia untuk Kopi susu

Kopi susu gula aren harus  dimulai dari kopi yang baik. Kita tidak bisa menggunakan kopi bubuk sembarangan. Maksudnya tidak mungkin menggunakan kopi bubuk yang diproses sekenanya atau bahkan sudah bercampur dengan tepung jagung. Atau campuran lain yang bukan berasal dari biji kopi.

Baca juga Gula Aren Cair Pandan

Yang terbaik adalah menggunakan espresso. Selain espresso karakternya kental ia juga memiliki rasa yang kaya. Ditambahkan pemanis gula merah cair, gurih dari susu, dan rasa pahit dari kopi. Ketika ketiganya bercampur dengan komposisi yang pas saatnya lidah menari-nari.

Untuk yang mulai akan mencoba, jangan lupa lakukanlah berkali-kali. Pelajari menempatkan rasio antara espress, air, susu, dan gula aren cair. Air yang terlalu banyak akan membuat kopi terlalu encer. Begitu pula saat gula cair terlalu banyak, itu akan menghilangkan rasa pahit yang nikmat dari biji kopi.

Baca juga Beragam kegunaan gula Aren Cair

Tapi tentu saja setiap racikan bisa disesuaikan selera. Kental atau encer tergantung pengalaman untuk menikmati.

Tips Membuat Kopi Susu Lebih Enak

Tips membuat kopi susu lebih enak
Tips membuat kopi susu lebih enak

Untuk mendapatkan Kopi Susu dengan tekstur lebih kental pergunakan susu yang mengandung banyak lemak. Mungkin bisa juga ditambahkan creamer.

Yang terakhir untuk kopi susu yang lezat perhatikan juga gula aren cairnya.  Pilih selalu gula aren yang beraroma enak seperti milik Arenga Indonesia ( 🙂 ). Apa lagi jika faktor kesehatan turut menjadi variable. Tak sekedar enak tapi juga sehat. Gak lucu kan tiap habis menikmati kopi susu tenggorokan jadi gatal-gatal atau meninggalkan rasa getir di ujung lidah. Yah mau tak mau gula aren cair organik lah yang akan jadi pilihan. Experience pelanggan adalah segalanya. 

Gula arena cair Arenga karakternya tidak terlalu kental tapi juga tidak terlalu encer. Aromanya juga enak karena terbuat dari nira aren bermutu.  Pas  banget lah untuk diracik sebagai pemanis kopi susu. Rasa karamel dari gula masak menambah rasa medok, rasa tegas, rasa yang diinginkan semua penikmat kopi susu.

Kopi susu rasa samar-samar itu sungguh tak enak. Itu seperti cinta yang tak bisa dibawa kemana-mana 🙂

Manfaat Kopi Gula Aren Cair

Arenga Indonesia Liquid Palm Sugar

Sebenarnya apa sih manfaat kopi gula aren ini?

Sebanyak orang yang tak bisa meninggalkan minum kopi, sebanyak itu pula yang tak menyukainya. Bagi yang tak suka, biasanya akan mengatakan bahwa kafein tidak bagus bagi kesehatan. 

Bagaimanapun, pro dan kontra akan selalu hadir dalam hidup ini. Termasuk dalam dunia kopi. Tapi kalau kamu rajin ada banyak artikel bersebaran di internet ini bahwa minum kopi baik bagi kesehatan. Coba tengok di sini. 

Ada dua puluh alasan tentang manfaat kopi dalam artikel tersebut. Diantaranya adalah:

  • Mengurangi rasa sakit.
  • Meningkatkan asupan serat.
  • Perlindungan terhadap sirosis hati.
  • Menurunkan resiko dibetes tipe 2.
  • Menurunkan resiko penyakit Alzeimer
  • Mengurangi resiko depresi dan bunuh diri
  • Mencegah Parkinson
  • Menurunkan resiko penyakit jantung
  • Memperkuat DNA (penting nih untuk menjamin kesehatan keturunan)
  • Risiko Lebih Rendah terhadap Multiple Sclerosis
  • Kopi mengurangi risiko kanker kolorektal 
  • Dan masih banyak lagi. 

Kontak Arenga Indonesia. Indrawanto, 0819 3241 8190